Kronologi Bupati Blokir Bandara Versi Dahlan Iskan

Dahlan Iskan
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa
VIVAnews
Suara Golkar di Pemilu 2024 Naik Signifikan, Airlangga: Hitungan Kami Dapat 102 Kursi
- Menteri BUMN, Dahlan Iskan menjelaskan kronologi pemblokiran Bandara Turelelo Soa, Nusa Tenggara Timur (NTT) oleh Bupati Ngada, Marianus Sae. Mantan Direktur Utam PLN itu mengaku sudah melakukan pengecekan kepada Direktur Utama Merpati Asep Eka Nugraha.

Viral Anak Selebgram Malang Dianiaya Pengasuhnya, Polisi Langsung Tangkap Pelaku

"Hari itu Merpati jurusan Kupang-Ngada penuh. Tiba-tiba ada permintaan
Gunung Marapi Kembali Erupsi, Terjadi Hujan Abu Vulkanik dan Ganggu Penerbangan
seat mengaku dari Trans Nusa. Dibilang oleh Merpati penuh. Tidak bisa lagi," ujar Dahlan dalam pesan singkat kepada
VIVAnews.


Setelah itu, ujarnya, dijelaskan bahwa yang memesan tiket adalah Bupati Ngada, Marianus Sae. Pada hari itu, Marianus harus kembali untuk menghadiri pengesahan APBD sehingga pihak Merpati mengusahakan  satu tempat duduk.


"Tapi menjelang berangkat, Bupati Ngada tidak datang. Merpati terbang sesuai jadwal. Kursi untuk bupati itu tetap kosong. Ini hasil pengecekan saya," ucapnya.


Menurut Dahlan, akibat peristiwa ini Merpati tidak banyak rugi. "Tapi masyarakat yang rugi," katanya.


Seperti diberitakan sebelumnya, karena tidak mendapat tiket pesawat Merpati jurusan Kupang- Bajawa, Marianus Sae memerintahkan petugas Satpol PP Kabupaten Ngada memblokir Bandara Turelelo Soa, Sabtu 21 Desember 2013.


Petugas Satpol PP memblokir bandara sejak pukul 06.15 Wita hingga pukul 09.00 Wita. Akibat aksi ini, pesawat Merpati dengan nomor penerbangan 6516 dari Kupang-Soa batal mendarat di Bandara Turelelo Soa. Sebanyak 54 orang penumpang akhirnya kembali ke Bandara El Tari Kupang.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya