Panik Kelud Meletus, 2 Warga Tewas Kecelakaan Saat Mengungsi

Gunung Kelud Meletus, Ribuan Jiwa Mengungsi
Sumber :
  • VIVAnews/Ocha April

VIVAnews - Palang Merah Indonesia (PMI) mencatat empat orang meninggal dunia saat kepanikan terjadi paska Gunung Kelud, Jawa Timur, meletus. Keempatnya tidak terpapar langsung erupsi Kelud.

Ketua Bidang Penanggulangan Bencana PMI Pusat Letjen TNI (Pur) Sumarsono menjelaskan, dua dari empat warga itu meninggal setelah atap rumah mereka roboh.

KPU Tetapkan Dua Caleg PDIP dari Dapil Jakarta 10 Melenggang ke DPRD DKI

Lebih lanjut Sumarsono menjelaskan, atap milik warga itu roboh karena konstruksi rumah tak kuat menopang material gunung api, seperti abu dan kerikil, yang menumpuk hingga lebih dari 20 centimeter. "Akhirnya, atap ambruk dan menimpa penghuni," kata dia.

Selain itu, suara ledakan malam tadi sangat keras sehingga membuat warga panik. "Akibatnya dua orang meninggal dalam kecelakaan lalu lintas saat berusaha mencari pengungsian," ungkapnya.

Kepala Polri Jenderal Sutarman menjelaskan, abu vulkanik yang turun di sekitar Gunung Kelud, menghalangi pandangan. Untuk menghindari kecelakaan lagi, Sutarman langsung menginstruksikan kepada seluruh kapolda, terutama di Jawa Timur untuk menyalakan lampu kuning di seluruh perempatan rambu-rambu lalu lintas.

Selain itu, kata Sutarman, kepolisian juga sudah berjaga-jaga di sekitaran Gunung Kelud hingga radius 10 kilometer sejak semalam. Polisi akan melarang warga yang hendak memasuki area berbahaya.

Xiumin EXO

Tampil di Saranghaeyo Indonesia 2024, Xiumin EXO Janjikan Penampilan Spesial

Melalui unggahan video tersebut, Xiumin EXO mengajak penggemarnya untuk datang dan menyaksikan penampilannya dalam acara tersebut.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024