Tanggul Sungai Cegah Banjir di Langkat Dibangun 2016

Tanggul Sungai Cegah Banjir di Langkat Dibangun 2016
Sumber :
  • Satria Lubis/Medan
VIVA.co.id
Banjar Banjir Bandang
- Pemerintah Sumatera Utara akan membangun tanggul di sepanjang Sungai Batang Sarangan untuk mencegah banjir di Desa Pematang Cengal, Kecamatan Tanjungpura, Kabupaten Langkat. Tanggul sepanjang 6 kilometer itu akan dibangun tahun 2016.

Jembatan Hanyut, 28 Desa di Nias Terisolir

Pembangunan tanggul untuk mencegah banjir yang hampir terjadi setiap tahun akibat beberapa tanggul yang ada tak mampu menahan debit air sungai.
Banjir Siantar, 18 Ekor Buaya Sempat Lepas


"Penanganan yang paling dekat adalah dengan meninggikan tanggul," kata Gubernur Sumatera Utara, Gatot Pujo Nugroho, saat meninjau permukiman warga di Langkat, Kamis, 22 Januari 2015.


Ketinggian tanggul, menurutnya, sudah ada yang mulai menipis dan lebarnya berkurang.


Gubernur juga meminta Bupati Langkat memberikan kesadaran kepada masyarakat karena sebenarnya warga tidak boleh tinggal di bantaran sungai.


"Perda Nomor 5 tahun 1995 kemudian diperkuat oleh Permendagri Nomor 38 tahun 2011, sebenarnya masyarakat tidak boleh tinggal di dataran sungai tapi mereka sudah tinggal cukup lama di sini dan mereka secara kultur telah beradaptasi dengan banjir. Tahun ini adalah banjir yang besar solusinya memang harus dengan meninggikan tanggul," ujarnya.


Selain peninggian tanggul, kata Gubernur, juga pengerukan dasar Sungai Batang Serangan dan Sungai Wampu.


Kepala Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air Sumatera Utara, Dinsyah Sitompul, menambahkan bahwa pembanguan tanggul yang melewati tiga desa direncanakan pada tahun 2016. "Saat ini kita akan masukkan ke Musrenbang (Musyawarah Perencanaan Pembangunan) 2015," katanya.


Dia menjelaskan, berdasarkan survei, ketinggian air di atas tanggul mencapai 0,6 meter sedangkan tinggi tanggul adalah 80 centimeter. Maka tanggul yang akan dibangun setinggi 2,5 meter dengan lebar atas dua meter, lebar bawah enam meter. “Kiri-kanan tanggul akan dilapisi batu," katanya.



Baca berita lain:



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya