Kuliah Gratis, Sumsel Siapkan Anggaran Rp50 Miliar

Ilustrasi toga
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Puan Maharani: Tata Ulang Orientasi Pendidikan Tinggi
- Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan menyiapkan anggaran senilai Rp50 miliar untuk program kuliah gratis di daerah itu. Anggaran yang disediakan dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) ini akan dialokasikan untuk 2.000 calon mahasiswa yang akan ditunjuk.

UI Jadi Perguruan Tinggi Terbaik di RI Versi Webometrics
Baca juga: 

Sebab Kampus Swasta Absen pada Daftar Universitas Terbaik RI
"2.000 calon penerima ini dipilih khusus untuk orang yang tidak mampu namun berprestasi," ujar Kepala Dinas Nasional Pemprov Sumatera Selatan Widodo, Selasa, 25 Agustus 2015.

Tak tanggung-tanggung, demi mewujudkan program ini, pemerintah setempat telah menggandeng tujuh kampus dalam negeri dan dua kampus dari luar negeri yakni dari Tiongkok dan Korea Selatan.

Baca juga:

Menurut Widodo, para calon penerima program kuliah gratis ini harus melalui seleksi ketat. Selain tidak mampu dan berprestasi, mereka juga diharuskan warga Sumsel dan harus menyelesaikan kuliahnya dalam empat tahun.

"Kami targetken APBD di Sumsel hingga tahun keempat ada anggaran senilai Rp120 miliar untuk program kuliah gratis ini. Mudah-mudahan bisa terwujud tanpa kendala," kata Gubernur Sumatera Selatan Alex Nordin.


Purwantoro/Sumatera Selatan
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya