Unik, Siswi SMK di Yogya Hanya Bernama Y

nama unik
Sumber :

VIVA.co.id - Setelah heboh dengan nama di kartu tanda penduduk (KTP) Tuhan dan Siaton, serta nama unik di KTP dengan nama "Nama", yang merupakan milik seorang pedagang beras di Kabupaten Kulonprogo, kini nama unik juga ditemukan di Yogyakarta. Nama kali ini, bukan menyerupai nama sesuai zat, atau benda.

Tetapi, nama yang ditemukan kali ini mungkin nama manusia tersingkat di dunia. Bagaimana tidak, nama yang di KTP hanya satu huruf, yaitu Y. Nama di KTP yang hanya satu huruf tersebut, milik salah seorang pelajar di SMK Negeri 2 Yogyakarta.

Sebelumnya, nama di KTP juga dimiliki seorang ABG perempuan dari Pemalang, Jawa Tengah. Lengkapnya, baca tautan ini.

Mempunyai nama hanya satu huruf, yaitu Y, sempat membuat putri dari pasangan Slamet Sugiyono dan Parjiem warga Gedongkiwo, Mg 1 nomor 1025, Kota Yogyakarta, kesulitan untuk mendaftarkan sekolah secara online.

"Sulit sekali mendaftar, karena namanya hanya satu huruf Y. Padahal, dalam kolom nama di pendaftaran online cukup banyak. Saat itu, saya mengikuti pendaftaran online di SMP 16 Kota Yogya,"kata Y, Selasa 8 September 2015.

Tak hanya saat mendaftar sebagai colon siswi baru secara online, untuk mendaftar di facebook juga selalu ditolak karena hanya punya nama satu huruf Y.

"Akhirnya saya memiliki account facebook dengan mendaftar dengan nama Yeye," ucapnya.

Selain itu, saat membuat KTP dan SIM, petugas sempat menanyakan kebanaran nama itu.

Y mengaku, sempat diberitahu teman-temannya, nantinya akan bepergian ke luar negri dipastikan mengalami kesulitan karena namanya hanya satu huruf. Tetapi, gadis kelahiran 1997 ini mengaku tidak ambil pusing.

"Nanti dipikir nanti saja, yang pasti saya tidak akan ganti nama," katanya sambil tersenyum.

Anak kedua, dari empat bersaudara ini. Memiliki nama berbeda, di antara tiga saudara lainnya. Kakaknya, Danar Winarsito, dua adiknya Pinastiko dan Muhhamad Abdul Aziz.

Kerbau Albino Diundang ke Gedung Pemerintah, Harganya Rp7,8 Miliar



Oleh ayahnya, Slamet Sugiyono, Y diberikan nama panjang tidak resmi, yakni Ai Winorsiti Dyah Ayu Meganingrum Dwi Pangastuti Lestari Endang Pamikasih Sri Kumala Sari Dewi Puspita Anggraini.

"Bapak memberi nama panjang saat SD, karena banyak teman yang bertanya," katanya.

Dia mengatakan, ayahnya yang memberikan nama Y. Ibunya sempat kaget, saat memperoleh akta kelahiran di dinas kependudukan dan catatan sipil kota Yogyakarta.

 "Kata ibu saya, waktu itu sempat kaget mengetahui nama pemberian bapak, tetapi tidak minta diganti," ujarnya

Menurut dia, namanya ini diberikan oleh bapaknya waktu Indonesia mengalami krisis moneter. Sehingga, dia hanya diberi nama Y.

Y mengatakan, saat SD sempat ditanyai teman-temannya, berkaitan dengan nama yang tergolong unik itu.

"Waktu SMP juga, hanya waktu SMK tidak ada yang menanyakan, hanya beberapa yang meledek," ucapnya. (asp)

Pelajar bernama Y

Perempuan Bernama Y Kini Kuliah di UNY

Gagal dalam SNMPTN dan SBMNTN

img_title
VIVA.co.id
2 Agustus 2016