Jokowi Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2014
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVA.co.id - Untuk memperingati Hari Kesaktian Pancasila pada hari ini, Kamis 1 Oktober 2015, upacara kembali diadakan di Monumen Pancasila Sakti. Presiden Joko Widodo direncanakan akan hadir pada upacara hari Kesaktian Pancasila kali ini.

Pantauan di lokasi sejauh ini, beberapa menteri kabinet kerja sudah terlihat datang di lokasi upacara, salah satunya Menteri Lingkungan Hidup Siti Nurbaya Bakar.

Terlihat juga pengamanan yang cukup ketat di kawasan Monumen Pancasila sakti ini. Terlihat puluhan paspampres nampak berjaga-jaga mensterilkan lokasi sebagai standar keamanan kepresidenan. Para peserta upacara hari kesaktian pancasila juga sudah terlihat berdatangan di lokasi.

Upacara rencananya akan dilaksanakan tepat di depan Monumen Pancasila Sakti. Presiden Joko Widodo rencananya akan menjadi Ispektur Upacara hari Kesaktian Pancasila kali ini, Kamis 1 Oktober 2015. Menurut Jadwal, upacara rencananya akan di mulai tepat pukul 08.00 WIB.

Tanggal 1 Oktober ditetapkan sebagai hari Kesaktian Pancasila, latar belakang ditetapkannya tanggal tersebut sebagai Hari Kesaktian Pancasila bermula pada tanggal 30 September menjelang 1 Oktober pada tahun 1965, terjadi Insiden yang dinamakan Gerakan 30 September (G30S).

Kejadian tersebut menewaskan tujuh pejabat tinggi yang saat ini dikenal dengan sebutan Pahlawan Revolusi.

Sejak era Kepemimpinan Presiden Soeharto, atau yang lebih dikenal era orde baru, setiap tanggal 1 Oktober selalu diadakan Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila.

Jokowi Salat Jumat di Bandara Soekarno-Hatta

Upacara Hari Kesaktian Pancasila ini rutin diadakan di Monumen Pancasila Sakti di Jalan Raya Pondok Gede Kelurahan Lubang Buaya Kecamatan Cipayung Jakarta Timur.

Maket Stasiun Kereta Api di dalam area Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten

Presiden: Proyek Kereta Bandara Selesai Sesuai Target 2017

Terkendala lahan yang belum dibebaskan

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016