KPK: Peringatan Kesaktian Pancasila Pembelajaran Sejarah

Pancasila.
Sumber :
  • ANTARA/Rosa Panggabean

VIVA.co.id - Peringatan Hari Kesaktian Pancasila turut digelar oleh Komisi Pemberantasan Korupsi, dengan menggelar upacara di halaman parkir Gedung KPK, Jakarta, Kamis 1 Oktober 2015.

Pada peringatan tersebut, turut hadir dua orang pimpinan lembaga itu, yakni Zulkarnain dan Johan Budi. Selain pimpinan, terdapat pula sejumlah pejabat struktural lainnya.

Ditemui usai acara, Zulkarnain menilai, peringatan Hari Kesaktian Pancasila adalah cukup penting sebagai pembelajaran sejarah kepada generasi muda.

"Artinya, generasi muda termasuk pegawai KPK yang usianya baru 20-30-an, ya tentu ini pembelajaran sejarah," kata Zulkarnain.

Menurut dia, dengan adanya peringatan setengah abad Kesaktian Pancasila akan semakin memperkuat generasi muda mengenai dasar negara.

"Peristiwa tragedi yang lama akan memberikan pelajaran buat kita yang sempat goyah, atau dipahami secara tidak pas," ujar Zul.

Mendiang Adik Pramoedya Ternyata Sudah Siapkan Album Lagu

Hari Kesaktian Pancasila mulai diperingati usai peristiwa Gerakan 30 September, atau Gerakan 1 Oktober 1965. Partai Komunis Indonesia dipersalahkan atas aksi yang menyebabkan enam jenderal dan satu perwira Angkatan Darat tewas. (asp)

 Imdadun Rahmat

Kasus Tragedi 1965 Harus Diselesaikan

Ketua Komnas HAM bicara panjang lebar soal kontroversi Tragedi 1965.

img_title
VIVA.co.id
1 Agustus 2016