Banjir di Langkat Belum Surut, Satu Desa Terisolir

Bencana banjir di Kabupaten Langkat Sumatera Utara
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi

VIVA.co.id - Bencana banjir yang melanda Kabupaten Langkat, Sumatera Utara belum mereda. Ribuan rumah masih terendam air hingga Senin, 26 Oktober 2015.

Belasan Basis Militer AS Bisa Lenyap Akibat Perubahan Iklim

Sebuah desa bernama Pematang Cengal Barat di Kecamatan Tanjung Pura bahkan dilaporkan sudah terisolir akibat tertutupnya akses jalan antardesa. "Air merendam, rumah kami lebih dari satu meter. Kendaraan tidak bisa melintas kecuali pakai perahu," kata Hamid, warga setempat, Senin, 26 Oktober 2015.

Baca Juga:

Selundupkan Kayu, 8 Warga Papua Nugini Dicokok TNI AL



Desa Pematang Cengal Barat memang terletak berdampingan dengan Sungai Batang Serangan. Luapan air sungai tersebut merendam enam dusun yang terdapat di desa tersebut. "Kami tidak bisa kemana-mana lagi," kata Hamid menambahkan.

Sejauh ini, data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah setempat, hingga hari kelima bencana banjir di Kabupaten Langkat. Sebanyak 1.273 rumah dilaporkan terendam.

Banjar Banjir Bandang

Dengan rincian, 73 rumah di Kecamatan Padang Tualang, 838 rumah di Kecamatan Tanjung Pura, 320 rumah di Kecamatan Hinai, 22 rumah di Kecamatan Sawit Sebrang dan 20 rumah di Kecamatan Sei Lapan.

Taufik Hidayat/Sumatera Utara

Para pengunjuk rasa membawa spanduk dalam demonstrasi perubahan iklim

Atasi Krisis Energi Harus dengan Kerja Lintas Sektoral

Ego sektoral masih menjadi problem bagi pemerintah daerah

img_title
VIVA.co.id
3 Agustus 2016