Ketua KPK Cerita 'Jalan Berliku' Pembangunan Gedung Baru

Gedung Baru KPK
Sumber :
  • ANTARA/Hafidz Mubarak

VIVA.co.id - Gedung baru Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang terletak di Jalan Kuningan Persada, Kav 4, Jakarta, diresmikan penggunaannya oleh Presiden Joko Widodo, Selasa 29 Desember 2015.

KPK Periksa Keponakan Surya Paloh

Turut hadir dalam peresmian ini, Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono, Presiden ke-3 BJ Habibie, dan Wakil Presiden era Megawati Soekarnoputri, Hamzah Haz.

Dalam sambutannya, Ketua KPK Agus Rahardjo mengatakan, pembangunan gedung ini menjadi bahan pembelajaran yang sangat berharga bagi KPK dan lembaga lainnya.

KPK Setor Uang ke Kas Negara Rp1,1 Miliar dari Eks Pejabat Muara Enim

Pembelajaran yang ia maksud adalah bagaimana mewujudkan rumah baru sebuah lembaga negara dengan cara-cara yang penuh akuntabilitas, integritas dan tanggung jawab yang tinggi.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh rakyat Indonesia yang mendukung KPK. Hari ini tepat, tepat 12 tahun KPK berdiri semoga bisa kita maknai sebagai pencetus semangat untuk terus bekerja keras, meningkatkan kebersamaan demi terwujudnya Indonesia yang bebas dari korupsi," kata Agus.

MAKI Minta KPK Tuntaskan Kasus Korupsi Kapal Tongkang

Agus menuturkan, berdirinya gedung ini melewati perjalanan yang cukup panjang. Pada 2008 keinginan membangun gedung baru untuk menunjang kinerja, telah disampaikan ke Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Pada 2012 masyarakat berduyun-duyun menyampaikan dukungannya untuk bersama-sama membangun gedung ini.

"Bapak ibu, masih ingat perjuangan gedung ini tak mudah. Lalu masyarakat berduyun-duyun, ada koin KPK. Dengan adanya itu DPR kemudian menyetujui anggaran. Lalu saweran itu kita kembalikan untuk kas negara," ujar Agus.

Ilustrasi Foto Firli Bahuri dan Karyoto (Sumber Majalah Tempo 26 November 2023)

Integritas Firli Bahuri dan Komitmen Penegakan Hukum Irjen Karyoto

Setelah mempertimbangkan semua bukti-bukti pelanggaran etik yang dilakukan Firli saya menyimpulkan Firli memang bukan pribadi yang berintegritas.

img_title
VIVA.co.id
8 Januari 2024