Kendalikan Penduduk, Pemerintah Kembangkan Kampung KB

Konferensi Internasional Keluarga Berencana, Bali (25/1/2016)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Bobby Andalan

VIVA.co.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, Pemerintah Indonesia akan berperan aktif dalam menciptakan planet bumi yang makin ideal terkait populasi. Hal itu dilakukan melalui pendekatan program Keluarga Berencana (KB) mulai dari skala lokal antara lain dengan pembentukan Kampung KB.

Jokowi Buka Konferensi Internasional KB di Bali

"Kami selalu mendorong program aksi yang bersifat lokal dengan partisipasi warga. Kami melakukan pendekatan Kampung KB," ujar Jokowi di hadapan ribuan peserta Konferensi Internasional KB IV di Nusa Dua, Bali, Senin sore, 25 Januari 2016.

Jokowi menerangkan, pemerintah akan gencar memberikan edukasi mengenai KB. Oleh karena itu Kelompok PKK akan menjadi motor penggerak posyandu, KB dan program kesehatan warga lainnya. "Kami juga mendorong pemerintah daerah melakukan sosialisasi. Dan KB menjadi program prioritas di seluruh Tanah Air," ujarnya menambahkan.

Sesuai agenda pembangunan berkelanjutan yang disepakati pada November tahun lalu, sejumlah negara di dunia setuju berupaya membangun planet yang nyaman pada tahun 2030. Oleh karena itu KB akan menjadi program prioritas negara-negara tersebut termasuk Indonesia.

Selain itu, Presiden menekankan bahwa KB merupakan investasi jangka panjang. Program ini juga diharapkan akan menghilangkan stigma, diskriminasi dan kekerasan terhadap perempuan. "Saya berharap dibangun visi untuk membangun planet seperti yang kita inginkan sehingga ibu memiliki hak menentukan kapan punya anak dan anak punya kesempatan hidup sehat. Ibu sehat, anak sehat. Hanya dengan itu kita memiliki kesempatan untuk planet ini menjadi lebih baik."

Ini Jadinya Jika Warga Meninggal Tak Dilaporkan

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Kampung Keluarga Berencana di Desa Mertasinga, Kecamatan Gunung Jati, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Peresmian dilakukan pada Kamis, 14 Januari 2016. Metode Kampung KB akan menjadi metode dan percontohan pengendalian populasi penduduk yang ideal.

(mus)

Waspada Ledakan Penduduk Indonesia pada 2035
Petugas gabungan Sudin Kependudukan DKI Jakarta dan BNN memeriksa KK dan KTP penghuni indekos warga negara asing saat Operasi Yustisi di kawasan Mampang, Jakarta, Rabu (27/7).

Operasi Bina Kependudukan Incar Indekos dan Kontrakan

Banyak penghuni yang belum memiliki KTP DKI.

img_title
VIVA.co.id
28 Juli 2016