Ujian Nasional di Medan Masih Beredar Kunci Jawaban

Ilustrasi/Kunci jawaban
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Aceng Mukaram

VIVA.co.id – Ujian nasional yang diselenggarakan di Kota Medan Sumatera Utara masih diwarnai dengan temuan kunci jawaban yang beredar di tangan siswa.

Siswa Terdampak Banjir Dapat Dispensasi Waktu Penyelenggaraan UN

Temuan itu didapat oleh Ombudsman saat melakukan pemantauan di Sekolah menengah Atas Negeri 2 Medan, Senin 4 April 2016.

"Kami lihat dari luar, dia (siswa) lagi ngeluarin dompet dan terlihat kertas itu (kunci jawaban). Setelah itu, kita minta pengawas ruangan buat menyita," kata Abyadi Siregar, Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Utara.

Hebat, Siswa SMAN 6 Solo Ini Dapat Skor 100 di Semua Pelajaran UNBK

Ia menduga, kertas diduga kunci jawaban itu sudah direncanakan secara sistematis di sekolah. Salah satu indikasinya adalah kertas diduga kunci jawaban tersebut dibuat dengan rapi.

"Diketik rapi ini bukti kesengajaan dan sistematis. Menurut kami, ini bukan siswa yang bikin dan ini tidak cuma satu saja," katanya.

Sebanyak 126 Siswa SMA Curang pada UNBK 2019

Ujian Nasional (UN) di Sumatera Utara diikuti oleh lebih dari 480 ribu siswa SMA dan SMP sederajat. Khusus untuk SMA sederajat, ujian diikuti 102.039 siswa. Sementara 271.263 SMP sederajat dijadwalkan mengikuti UN pada 9-12 Mei.

Pada tahun ini, terdapat 99 sekolah menggelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Sumut. Jumlah itu terdiri dari 14 SMP, 24 SMA dan 61 SMK.

Kemendikbud: Ujian Nasional SMK Berjalan Lancar

UN di beberapa provinsi itu tetap memperhatikan protokol kesehatan.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2020