Singa Taman Safari Diduga Dibius demi Pengunjung

Berfoto bersama singa di Taman Safari Indonesia
Sumber :
  • Dokumentasi Scorpion Wildlife

VIVA.co.id – Singa di Taman Safari Indonesia diduga dibius hingga mengantuk untuk bisa difoto dengan pengunjung. Dugaan itu ditengarai dengan adanya video yang diunggah melalui akun Facebook fanpage Scorpion Wildlife Trade Monitoring Group dan menjadi viral di media sosial. Mayoritas pengunjung yang melihat video tersebut mengecam perlakuan Taman Safari Indonesia yang dinilai kejam.

Tekan Perdagangan Satwa, WWF Gandeng Polda Aceh

Investigator senior Scorpion Wildlife Trade Monitoring Group, Marison Guciano mengatakan perlakuan Taman Safari Indonesia terhadap singa tersebut tak layak dilakukan. Padahal Taman Safari Indonesia adalah anggota Asosiasi Dunia Kebun Binatang dan Aquaria (WAZA).

"Perlakuan Taman Safari Indonesia kepada singa yang ditempatkan dengan tidak ada air dan digunakan sebagai promosi untuk foto-foto adalah pelanggaran kode etik WAZA," demikian menurut Marison sebagaimana rilis pers yang dikirimkan Scorpion Wildlife, Selasa 5 April 2016.

Usai Mudik Lebaran, Pendatang Baru di Tangerang Turun hingga 50 Persen

Marison karena itu meminta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) untuk melakukan investigasi terkait dugaan pembiusan singa ini oleh pengelola Taman Safari Indonesia.

"Scorpion mengimbau agar Taman Safari menghentikan ini dan eksploitasi satwa liar lainnya. Taman Safari tidak seharusnya menghibur pengunjung tapi untuk konservasi dan pendidikan. Kami berharap KLHK akan menyelidiki masalah mendesak ini untuk memastikan apakah Taman Safari mempraktikkan pembiusan singa untuk mendapatkan uang dari setiap pengambilan foto," katanya.

Siap-siap! Sheila on 7 Gelar Konser Tunggal ‘Tunggu Aku Di’ 5 Kota Ini
Kondisi singa 'ngantuk' yang dipaksa untuk melayani foto dengan pengunjung. Terlihat petugas beberapa kali memaksa singa untuk mengangkat kepalanya.

Menyedihkan, Singa Dibius Dipaksa Foto di Taman Safari

Singa itu dipaksa berfoto untuk mendapatkan uang dari pengunjung.

img_title
VIVA.co.id
6 April 2016