Ini Agenda Presiden Jokowi Selama di Jerman

Presiden Joko Widodo disambut Dubes RI untuk Jerman, Fauzi Bowo, saat tiba di Berlin pada Minggu malam 17 April 2016.
Sumber :
  • Biro Pers Istana

VIVA.co.id - Presiden Joko Widodo dijadwalkan hanya berada di Berlin, Jerman, selama satu malam, dua hari. Minggu malam waktu setempat atau Senin dini hari sekitar pukul 01.00 WIB, atau 20.00 waktu setempat, Jokowi dan rombongan tiba di Bandara Militer Tegel, Berlin.

Pernah Disurvei, Sapi Milik Peternak Gresik Gagal Dibeli Presiden

"Hari Senin acaranya akan padat sekali," kata kontributor tvOne dan VIVA.co.id di Berlin, Miranti Hirschmann, berdasarkan informasi dari Staf Fungsi Pensosbud KBRI Berlin, Fatah Hardiwinangun, Senin 18 April 2016.

Agenda pertama Jokowi adalah pertemuan business to business dengan pemuka bisnis Jerman, CEO-CEO, besok pagi, sekitar pukul 08.30 waktu setempat. Kemudian, pertemuan dengan Presiden Jerman, Joachim Gauck.

Kunjungi Pasar Badung, Jokowi Beli Buah-buahan untuk Buka Puasa

Berikutnya, akan ada acara dengan perusahaan teknologi Siemens German, dilanjutkan pertemuan bilateral dengan Kanselir Jerman Angela Merkel.

"Terakhir, pertemuan dengan Warga Negara Indonesia yang di Jerman, yang bertempat di Kedutaan Besar RI," tutur Miranti.

Duh, Belum Ada Kepastian Presiden Jokowi Hadir di Stadion Kanjuruhan

Berdasarkan informasi yang dia peroleh, Miranti mengatakan bahwa Jokowi merupakan Presiden Indonesia pertama yang datang ke KBRI. Setidaknya, setelah era Soeharto, atau bahkan Presiden Soekarno.

Dia mencatat, hanya BJ Habibie saja yang pernah berkunjung ke KBRI. Itu pun, saat belum menjadi Presiden.

"SBY (Susilo Bambang Yudhoyono) belum, Megawati belum, Pak Habibie waktu Presiden enggak ke sini. Enggak ke KBRI," tuturnya.

Miranti menambahkan, tak hanya pejabat-pejabat KBRI, dubes, dan Menteri Luar Negeri yang akan menyambut mantan Gubernur DKI Jakarta itu. Jokowi juga akan disambut oleh sejumlah dubes negara-negara ASEAN untuk Jerman. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya