TNI Rotasi Pasukan di Perbatasan RI - Papua Nugini

Pelepasan 600 pasukan TNI-AD Yonif 330 Raider Tri Dharma Linud Kostrad
Sumber :
  • Danar Dono/ VIVA.co.id

VIVA.co.id – Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Senin pagi tadi melakukan rotasi pasukan perbatasan yang berjaga di wilayah perbatasan Papua Nugini. Menggunakan KRI Teluk Manado 537, pasukan dari Batalyon Infateri 330 Raider Tri Dharma Linud Kostrad akan tergabung dalam satuan tugas (satgas) pengamanan perbatasan RI-Papua Nugini.

Australia Hentikan Proses Pencari Suaka di Papua Nugini, Ada Apa?

Sejumlah 600 pasukan dari kesatuan TNI-AD Yonif 330 Raider Tri Dharma Linud Kostrad dari Cicalengka, yang berada di bawah Kodam III Siliwangi telah diberangkatkan. Pelepasan pasukan Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-Papua Nugini ini, dilaksanakan di Dermaga Kolinlamil, Jakarta Utara, Senin, 9 Mei 2016.

Menurut Komandan KRI Teluk Manado 537, Letkol Laut (P) Priyo Dwi Saputro, "kapal dan seluruh awak kapal dalam kondisi siap pada penugasan mendukung Serpas Satgas Pamtas RI – PNG," ujarnya.

KKB Pimpinan Lamek Tablo Bakar Fasilitas Umum di Kiwirok

Setelah mengirimkan pasukan untuk rotasi di wilayah tersebut, KRI Teluk Manado juga akan menarik pasukan Satgas lama di tiga titik tempat operasi. Termasuk pengamanan perbatasan RI-Papua Nugini yang telah bertugas selama enam bulan, untuk kembali ke kesatuan asal mereka.

Pergeseran pasukan ke seluruh wilayah nusantara merupakan salah satu tugas pokok Kolinlamil sebagai pembina tunggal sistem angkutan laut militer. Selain mendukung pergeseran pasukan TNI ke daerah batas wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berbatasan dengan negara tetangga, Kolinlamil juga aktif mendukung pergeseran material dan logistik, ke daerah rawan dan pulau terluar RI.

Penangkapan Dua Anggota KSB di Papua Bermula dari Perahu Mencurigakan

(ren)

Dandim 1715 Yahukimo Letkol Inf. Cristian Irreuw

Suplai Senjata KKB Penembak Mati Sertu Ari Diduga dari Papua Nugini

Kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Tendius Gwijangge baku tembak dengan prajurit TNI dan menyebabkan satu prajurit TNI gugur.

img_title
VIVA.co.id
22 November 2021