4 WNI Bebas dari Abu Sayyaf, MPR Minta Jangan Saling Klaim

Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid
Sumber :

VIVA.co.id – Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat, Hidayat Nur Wahid, menyatakan apresiasi atas bebasnya empat anak buah kapal (ABK) asal Indonesia dari penyanderaan kelompok militan bersenjata di Filipina, Abu Sayyaf. Pembebasan itu diumumkan oleh Presiden Joko Widodo Rabu sore tadi.

Ternyata TNI Ikut Terlibat Selamatkan 4 WNI yang Diculik Abu Sayyaf

"Kami turut bergembira dengan telah dibebaskannya empat sandera dari warga Indonesia. Semoga mereka itu sandera yang terakhir," kata Hidayat melalui keterangan tertulisnya, Rabu 11 Mei 2016.

Ia  berharap patroli laut bersama antara pihak Indonesia, Filipina, dan Malaysia perlu terus diefektifkan untuk menjaga keamanan pelayaran. Ini bisa membuat penyanderaan serupa tak terulang lagi.

Anggota DPR Respons Penyelamatan 3 WNI yang Diculik Abu Sayyaf

"Terimakasih kepada seluruh pihak yang telah membantu proses pembebasan ini, dan semoga mereka tulus ikhlas, sehingga tak perlu terjadi perang klaim yang berjasa seperti yang kemarin," kata Hidayat.

Ia mewanti-wanti agar jangan sampai pembebasan sandera ABK ditunggangi kepentingan pencitraan politik. Sebab upaya bahu membahu membantu korban sandera dan memastikan hal itu tidak terulang dinilai lebih penting daripada soal pencitraan ketika menghadapi persoalan ini.

Seorang WNI yang Diculik Abu Sayyaf Belum Diketahui Nasibnya

(ren)

Ilustrasi - Karyawan memeriksa kondisi suhu envirotainer berisi bahan baku vaksin COVID-19 buatan Sinovac saat tiba di kantor Bio Farma, Bandung, Jawa Barat, Minggu, 20 Juni 2021.

Kaleidoskop 2021: Lonjakan COVID-19, KRI Nanggala hingga Herry Cabul

Sepanjang 2021, terjadi berbagai peristiwa yang menjadi perhatian, mulai dari lonjakan kasus COVID-19, tenggelamnya KRI Nanggala-402 hingga terkuaknya kasus asusila.

img_title
VIVA.co.id
24 Desember 2021