MUI Terbitkan Fatwa Haram Curi Listrik

Ilustrasi.
Sumber :
  • Antara/ M Ali Khumaini

VIVA.co.id – Majelis Ulama Indonesia (MUI) secara resmi mengeluarkan fatwa haram terhadap tindakan pencurian energi listrik. Ketua Komisi Fatwa MUI, Hasanuddin AF mengatakan, fatwa tersebut dikeluarkan dengan Fatwa Nomor 17 Tahun 2016 dengan pertimbangan bahwa pada saat ini pencurian dan penyalahgunaan tenaga listrik telah sampai pada level meresahkan, merugikan dan membahayakan banyak pihak.

Tanggapan Ustaz Adi Hidayat Tentang Fatwa Ulama Harus Pilih Pasangan Tertentu

Sementara pihak yang dirugikan adalah pemegang hak, negara dan masyarakat. "Setiap orang dilarang melakukan, membantu dengan segala bentuknya dan atau membiarkan terjadinya pencurian energi listrik," kata Hasanuddin membacakan isi fatwa di Balai Sudirman, Jakarta, Selasa 31 Mei 2016.

Menurut Hasanuddin, yang dimaksudkan dengan pencurian energi listrik dalam fatwa ini adalah penggunaan energi listrik yang jelas bukan hak seseorang dengan cara menambah daya, memengaruhi batas daya, memengaruhi pengukuran energi dan melakukan perbuatan ilegal lainnya terkait energi listrik.

Ratusan Ulama Jabar Keluarkan Fatwa Wajib Pilih Anies-Muhaimin di Pilpres 2024

Dengan keluarnya fatwa ini, MUI juga menyampaikan rekomendasi kepada pemerintah termasuk kepada PT Perusahaan Listrik Negara (PLN), bahwa wajib hukumnya menjamin ketersediaan listrik yang terjangkau bagi seluruh warga sesuai kebutuhan secara adil.

"Dan kepada masyarakat diimbau untuk menggunakan listrik secara legal, hemat dan berdaya guna," ujar dia.

Halal Watch Ungkap Fakta Baru Dampak ke Konsumen soal Seruan Boikot Produk Terafiliasi Israel

(ren)

Seorang anggota kepolisian perlihatkan pistol milik begal (ilustrasi).

Fatwa Ulama Aceh: Perundungan hingga Begal Hukumnya Haram

Fatwa ulama itu disiapkan untuk mengantisipasi perilaku-perilaku itu berkembang di masyarakat. Apalagi, perundungan masih kerap terjadi di Aceh.

img_title
VIVA.co.id
29 Februari 2024