Kemenag Gelar Sidang Isbat 5 Juni, Pantau Hilal di 30 Titik

Menteri Agama Suryadharma Ali pimpin sidang Isbat
Sumber :
  • ANTARA/Ismar Patrizki

VIVA.co.id – Kementerian Agama akan menggelar sidang isbat penentuan awal Ramadan, pada Minggu sore, 5 Juni 2016.

Pemerintah: Idul Fitri 1 Syawal 1445 H Jatuh pada Rabu 10 April 2024

Sidang diawali pemaparan terkait dengan posisi hilal, menjelang masuknya waktu Maghrib. Hilal tidak hanya dilihat dari seluruh wilayah Tanah Air, melainkan dari seluruh dunia.

"Insya Allah sidang isbat besok akan kita selenggarakan, Minggu sore," kata Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, di Rumah Dinas Kompleks Menteri Widya Chandra III, Jakarta, Sabtu 4 Juni 2016.

LIVE Breaking News: Penetapan Idul Fitri 1 Syawal 1445 H

Sidang isbat setelah salat Maghrib akan diawali dengan laporan dari sejumlah petugas Kementerian Agama yang ditugaskan di beberapa titik tertentu untuk melihat hilal.

Seperti di tahun-tahun sebelumnya, sidang isbat akan dihadiri para ormas-ormas keagamaan, para ulama, tokoh-tokoh Islam, perwakilan negara-negara sahabat, akademisi, astronomi, dan pihak2 terkait lainnya

Siap-siap Lebaran! Hilal 1 Syawal 1445 H Diprediksi Bisa Dilihat di Indonesia

Adapun 30 titik tertentu yang dipilih untuk melihatnya hilal, di antaranya Jakarta, Sumatera, Ujung Barat Indonesia, Aceh, Pulau Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (ketiga dari kanan) dalam konferensi pers sidang isbat penentuan Idul Fitri 1445 H di kantor Kemenag, Jakarta, Selasa, 9 April 2024.

Menag Sebut Sidang Isbat Ruang Dialog Umat Islam karena Menyangkut Banyak Pihak

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyebut bahwa sidang isbat penentuan Idul Fitri menjadi bentuk ikhtiar dan ruang dialog bagi umat Islam untuk saling bertukar pikiran.

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024