Penentuan Awal Ramadan Segera Diputuskan Malam Ini

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.
Sumber :
  • Danar Dono/ VIVA.co.id

VIVA.co.id –  Penetapan puasa hari pertama atau 1 Ramadan akan dilakukan sore menjelang malam ini, Senin 6 Juni 2016. Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin memastikan sidang isbat akan dilakukan secara tertutup.

Pemerintah: Idul Fitri 1 Syawal 1445 H Jatuh pada Rabu 10 April 2024

"Sidang tertutup. Sudah dua tahun ini kita lakukan tertutup," ucap Lukman, Senin 6 Juni 2016.

Lanjut Lukman, penentuan awal Ramadan tetap akan berpatokan kepada terlihatnya hilal. Lukman telah memerintahkan petugas yang ditunjuk dari Kementerian Agama RI untuk memberikan laporan tentang hilal dari 93 titik dari seluruh Tanah Air.

LIVE Breaking News: Penetapan Idul Fitri 1 Syawal 1445 H

"Ada 93 titik yang akan dipantau. Jika sudah terlihat hilal agar petugas langsung melaporkannya," ucap Lukman.

Lukman meminta masyarakat Indonesia yang akan menjalankan ibadah puasa untuk bersabar hingga menunggu keputusan sidang isbat.

Siap-siap Lebaran! Hilal 1 Syawal 1445 H Diprediksi Bisa Dilihat di Indonesia

"Kepada masyarakat harus bersabar karena menunggu matahari terbenam dahulu. Menunggu hasil sidang isbat sore atau malam ini," ucap Lukman.

(ren)

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (ketiga dari kanan) dalam konferensi pers sidang isbat penentuan Idul Fitri 1445 H di kantor Kemenag, Jakarta, Selasa, 9 April 2024.

Menag Sebut Sidang Isbat Ruang Dialog Umat Islam karena Menyangkut Banyak Pihak

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyebut bahwa sidang isbat penentuan Idul Fitri menjadi bentuk ikhtiar dan ruang dialog bagi umat Islam untuk saling bertukar pikiran.

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024