Pemerintah Tetapkan 6 Juni 2016 Awal Bulan Ramadan

Menteri Agama Lukman Hakim saat umumkan awal Ramadan 1437 H.
Sumber :
  • Danar Dono/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Setelah menggelar Sidang Isbat secara tertutup, pemerintah mengumumkan awal puasa 1 Ramadhan 1437 Hijriah, tepat jatuh pada Senin 6 Juni 2016.

Menag Sebut Sidang Isbat Ruang Dialog Umat Islam karena Menyangkut Banyak Pihak

Pada sidang yang berlangsung di kantor Kementerian Agama, Jakarta Pusat, Minggu, 5 Juni 2016 itu, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menyatakan kesimpulan ini dilakukan berdasarkan dua hal.

"Dari laporan hisab dan pengamatan hilal, seluruh peserta sidang Isbat menyapakati pada malam ini kita sudah masuk Ramadan, maka secara mufakat tadi disepakati 1 Ramadan 1437 H dimulai besok," jelas Lukman.

Pemerintah: Idul Fitri 1 Syawal 1445 H Jatuh pada Rabu 10 April 2024

Sidang Isbat ini juga dihadiri Ketua MUI Ma'ruf Amin, perwakilan Kedutaan Besar negara sahabat, dan para tamu undangan seperti perwakilan dari ormas dan LSM.

Pengamatan pun dilakukan dari 93 titik pengamatan yang tersebar di seluruh Indonesia.

LIVE Breaking News: Penetapan Idul Fitri 1 Syawal 1445 H

"Menjelang salat Maghrib tadi, kita sudah mendengar paparan dari tim pengamat hisab dan hilal Kementerian Agama, saat sidang tadi kita juga mendengar laporan dari 93 petugas pengamat di tanah air," kata Lukman saat mengumumkan hasil sidang Isbat.

Tak lupa Lukman pun mengucapkan selamat pada seluruh umat Islam agar bisa menjalankan ibadah puasa. "Dengan penetapan ini maka saya selaku Menteri Agama mewakili pemerintah yang juga disetujui seluruh peserta sidang Isbat, mengucapkan selamat menjalani Ramadan mulai besok."

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya