Menteri Agama Minta Umat Islam Jaga Perilaku Selama Ramadan

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ahmad Rizaluddin

VIVA.co.id – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin meminta masyarakat bisa menjaga perilaku selama menjalani ibadah puasa di Ramadan selama satu bulan ke depan. Pemerintah telah menetapkan awal bulan Ramadan berlangsung Senin besok, 6 Juni 2016.

Makian Gara-gara Perbedaan Hilal Berujung Bui, Sesal Kemudian

"Tentu kita semua bisa menjaga kesucian bulan Ramadan agar kualitas ibadah kita terjaga," ungkap Lukman saat mengumumkan hasil Sidang Isbat di Kementerian Agama, Minggu, 5 Juni 2016. 

Hal ini diperlukan agar umat Islam bisa meningkatkan kualitas ibadah mereka. "Agar kita menjalani Ramadan kali ini bisa lebih baik dari tahun sebelumnya," jelas Lukman.

Hilal Tak Terlihat, Gus Yahya-PBNU: Besok Belum Masuk Ramadhan

Tak lupa, Lukman juga berharap masyarakat bisa menjalani ibadah ini dengan suka cita dan penuh semangat. "Selamat menjalani Ramadan mulai besok."

Sebelumnya, setelah melalui sidang Isbat, Lukman mengumumkan ibadah puasa dimulai 6 Juni esok untuk umat Islam di Indonesia selama sebulan ke depan. Keputusan ini diambil selama Sidang Isbat, setelah mempelajari laporan pengamatan hilal dan hisab dari 93 titik pengamatan di Indonesia. Tim petugas sudah bisa melihat penampakan di beberapa tempat.

Hasil Pantauan Kemenag: Hilal 1 Ramadhan Belum Masuk Kriteria, Puasa Dimulai Selasa 12 Maret 2024

(ren)

KH M Cholil Nafis

Tolak Usul Muhammadiyah, MUI Jelaskan Pentingnya Sidang Isbat

MUI menilai pelaksanaan Sidang Isbat penentuan bulan Hijriah masih penting untuk memberi kepastian waktu kepada masyarakat yang mengikuti keputusan pemerintah.

img_title
VIVA.co.id
11 Maret 2024