Ridwan Kamil: Palestina Merdeka Tugas Rakyat Asia Afrika

Sumbangan dari warga Bandung untuk Palestina.
Sumber :
  • Facebook.com/RKbdg

VIVA.co.id – Pemerintah Kota Bandung, Jawa Barat, menyerahkan bantuan kemanusiaan hasil sumbangan pengajian ibu-ibu Rp250 juta kepada rakyat Palestina. Sumbangan ini diberikan sebagai dana bantuan sosial untuk kemerdekaan negara tersebut.

Antara Dukungan dan Keberlanjutan Ekonomi Lokal

Saat memberikan bantuan itu, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan bantuan ini diharapkan bisa mengurangi beban rakyat Palestina yang tengah ditempa cobaan. Rencananya, bantuan itu disalurkan melalui Komite Nasional untuk Rakyat Palestina (KNRP) Jawa Barat.

"Kami simbolkan sebagai solidaritas warga Bandung untuk perjuangan rakyat Palestina. Insya Allah bantuan ini disalurkan untuk warga Palestina yang memang sedang dapat cobaan," katanya di Pendopo Kota Bandung, 12 Juni 2016.

Kegagalan Hukum Internasional dalam Menghadapi Kejahatan Perang Israel

Menurutnya, inisiatif ini mendapatkan respon positif dari Imam Besar Masjid Al Aqsa, Syeikh Ikrimah Shabri, saat menghadiri acara buka puasa bersama di Pendopo Kota Bandung.

"Hubungan Bandung, menurut beliau sangat istimewa, karena sudah sangat terkenal bagian dari ibu kota Asia Afrika," ujar Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil..

Warga Rohingya Bersyukur Ada Bantuan RI di Bangladesh

Bantuan ini, lanjut Emil, diharapkan bisa menarik perhatian para pemimpin dunia, terutama yang tergabung dalam Konferensi Asia-Afrika, untuk bergerak mendorong terwujudnya kemerdekaan Palestina. 

"Seperti pesan Bung Karno, selama Palestina belum merdeka berarti perjuangan rakyat Asia Afrika belum selesai," kata Emil.

Wali Kota Bandung menambahkan, uang Rp250 juta itu dihasilkan dalam kurun waktu satu pekan sebelum kedatangan Imam Besar Masjid Al Aqsa.

"Seperti biasa saya imbau dari masjid ke masjid, mengumpulkan seikhlasnya, terakhir pengajian ibu-ibu di Pusdai, ditotalkan ada Rp250 juta," ujar Emil.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya