Akhirnya, 24 Paus Terdampar di Probolinggo Kembali ke Laut

Penyelamatan paus
Sumber :
  • BPBD Probolinggo

VIVA.co.id – Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Sutopo Purwo Nugroho, mengatakan 24 ekor ikan paus jenis pilot sirip pendek yang sempat terdampar di Desa Randu Pitu, Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo Provinsi Jawa Timur, berhasil dibawa ke laut.

Sebulan, Sudah 7 Paus Terdampar & Mati Di Pantai New York

Sutopo menjelaskan, penyelamatan paus ini berkat kerja keras tim gabungan dari Dinas Perikanan dan Kelautan, Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA), Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Probolinggo, TNI, Polri, Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), relawan, dan masyarakat.

"24 Paus selamat dibawa ke perairan laut, tetapi delapan paus lainnya mati karena kekurangan oksigen," ujar Sutopo dalam keterangan persnya pada VIVA.co.id, Jumat, 17 Juni 2016.

Puluhan Ikan Jumbo yang Terdampar di Madura adalah Jenis Paus Tombak

Sutopo menjelaskan, paus yang terdampar itu diperkirakan terjadi akibat cuaca ekstrem yang menyebabkan konsentrasi oksigen di dalam laut berkurang.

"Maka itu, saat air laut pasang, 24 ekor ikan paus berhasil dilepas ke laut dengan selamat," kata dia.

Australia Terpaksa Suntik Mati Sebagian Kawanan Paus Terdampar

Sebelumnya sebanyak 32 ekor ikan paus terdampar di Desa Randu Pitu, Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo Provinsi Jawa Timur pada Rabu, 15 Juni 2016. Beberapa ikan paus terdampar di dekat hutan mangrove. (ase)

Paus Sperma Raksasa Terdampar di Karangasem Bali

Penampakan Paus Sperma Raksasa Terdampar di Karangasem Bali

Bangkai Paus Sperma (Physeter macrocephalus) yang terdampar di Pantai Yeh Malet, Karangasem, Bali, pada Rabu, 5 April 2023. Ini Penampakannya

img_title
VIVA.co.id
6 April 2023