Pakai e-Toll, Diskon 20 Persen Mudik dan Balik

Alat Top-Up e-Toll Card
Sumber :
  • U-Report

VIVA.co.id – Untuk meningkatkan transaksi nontunai atau e-payment di jalan tol, pihak Asosiasi Tol Indonesia (ATI) dan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) melakukan kebijakan diskon sebesar 20 persen bagi pengguna kartu tol elektronik atau e-toll.

Mulai Operasi, Jalan Tol Cimanggis-Cibitung Gratis Dua Pekan

"Bagi pengendara yang menggunakan e-toll saat mudik Lebaran akan diberi diskon 20 persen," kata Ketua Asosiasi Tol Indonesia (ATI), Faturahman, saat konferensi pers "Persiapan Arus Mudik dan Balik Lebaran 2016” di Jakarta Selatan, Rabu 29 Juni 2016.

Diskon tersebut kata Faturahman berlaku pada H-3 Lebaran yaitu tanggal 3 Juli 2016 pukul 06.00 WIB hingga H+3 tanggal 10 Juli 2016 pukul 06.00 WIB. "Dan ini berlaku di seluruh jalan tol," kata Faturahman.

Mengintip Empat Ruas Tol yang Bakal Dijual Waskita pada 2020

Dengan penerapan aturan tersebut, dia berharap transaksi e-toll bakal meningkat pada Lebaran tahun ini.

"Karena pengguna e-toll selama ini jauh sedikit dari cash, makanya saya edukasi seperti itu. Diharapkan pas arus balik juga pakai e-toll kalau tidak ada diskon. Jangan pas berangkat doang," kata dia.

Bikin Tugu Mirip Lambang PKI di Madiun, Begini Penjelasan Jasa Marga

Dia pun berharap ke depannya, semua gerbang tol di Indonesia bakal memakai gate e-toll.

Sementara Direktur Utama PT Jasa Marga, Adityawarman, mengatakan dengan adanya diskon tersebut diperkirakan bakal bisa mendongkrak jumlah penggunaan e-toll.

"Saya harapkan penggunaan e-toll sebanyak 40 persen, tahun lalu kan 20 persen," kata dia.

Dengan penggunaan e-toll tersebut diharapkan masyarakat bisa sadar bahwa kemacetan sering disebabkan tersendatnya laju akibat antrean panjang di pintu pembayaran tol.  

"Transaksi menggunakan e-toll ini bisa cepat karena transaksinya besar dan bisa menghemat waktu," ujar Adityawarman.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya