ITS Akan Terima Mahasiswa yang Hafal Al Quran

Ilustrasi umat Islam yang tengah mengaji.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id - Kebijakan baru diterapkan oleh Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Pada tahun 2016/2017 mendatang, ITS akan menerima calon mahasiswa yang hafal 30 juz Alquran atau hafidz, khususnya untuk Program Studi Diploma IV (D IV) Teknik Sipil.

Pemuda Asal Gaza Palestina Berbagi Tips Menjadi Penghafal Alquran

Kepala Prodi D IV Teknik Sipil ITS, Machsus mengatakan, bahwa kebijakan itu sesuai dengan keputusan yang dikeluarkan oleh Rektor ITS. Menurutnya, diterimanya calon mahasiswa yang hafal Alquran merupakan komitmen ITS untuk menghargai kemampuan nonakademis.

"Kami melihat, hafal Alquran merupakan salah satu prestasi calon mahasiswa yang patut diapresiasi," kata Machsus di Surabaya, Rabu, 29 Juni 2016.

ITS Kembangkan Alat Deteksi COVID-19 Melalui Batuk

Menurut Muchus, mereka bisa mengikuti seleksi melalui jalur penerimaan resmi, dengan mengikuti tes pengetahuan umum, dan teknologi. Tes tersebut akan dilakukan pada 22 Juli 2016 mendatang.

"Nanti pendaftarannya bisa dilakukan dengan membuka situs kami," ujar Machsus.

ITS Buka Jalur Khusus Influencer dan Youtuber, Ini Syaratnya!

Setelah itu, penilaian pun akan dilakukan terhadap calon mahasiswa. Saat proses penilaian itulah para calon mahasiswa itu harus membawa sertifikat resmi hafal 30 juz Alquran.

"Mengenai biayanya tetap normal, yaitu dengan Uang Kuliah Tunggal atau UKT, supaya semuanya tetap adil," kata Machsus.

Sementara itu, Rektor ITS, Joni Hermana mengatakan, bahwa setiap prodi memang memiliki kebebasan untuk menerapkan kebijakan semacam itu. Tapi, kata dia, bagaimanapun juga seleksi akademik harus tetap dilakukan.

"Karena syarat utamanya memang itu," kata Joni.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya