Lebaran, Putaran Uang Kiriman TKI Rp1,2 Miliar

Kantor PT Pos Indonesia
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVA.co.id – Jumlah transaksi pengiriman uang dari Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dari luar negeri meningkat menjelang libur Lebaran 2016. Di Kantor Pos di Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta misalnya, tercatat transaksi pengiriman lewat wesel pos hingga Rabu, 29 Juni 2016, sudah mencapai Rp1,2 miliar.

Mengulik Cikini, Sejarah Indonesia yang Tersembunyi di Jakarta

"Ada pertumbuhan sekitar 30 persen dan didominasi oleh wesel luar negeri. Sebagian besarnya TKI. Sampai kemarin mencapai Rp1,2 miliar," kata Kepala Kantor Pos Kulonprogo, Abdullah, Kamis 30 Juni 2016. "Mayoritasnya didominasi oleh wesel dari TKI Malaysia".

Uang kiriman TKI ini umumnya memang dikirimkan untuk keperluan keluarga mereka selama persiapan Lebaran. Selama ini, penggunaan wesel pos, memang masih menjadi pilihan utama warga.

Bisnis Pengiriman Uang dari Australia ke Indonesia Kesulitan

Menurut Muchtar, salah seorang pengguna wesel pos, penggunaan jasa wesel lantaran tidak ada potongan apa pun bagi mereka yang menerima kiriman. "Tidak terpotong, syarat pengambilan juga mudah, cukup bawa fotokopi KTP," katanya.

Muchtar mengaku, dahulu memang sempat menggunakan rekening untuk proses pengiriman uang milik TKI di luar negeri. Namun demikian, ternyata proses tibanya lama. "Pakai rekening tiga hari baru masuk," katanya.

Pastikan Akurat, Kantor Pos Pakai ini Verifikasi Penerima Bansos Tunai

Saat ini, diperkirakan penggunaan wesel dan transaksi pengiriman uang melalui wesel pos ini masih akan terus meningkat hingga masuk hari Lebaran.

Putut Karangjati/Kulonprogo

Kunjungi Kantorpos Manado Presiden Jokowi Apresiasi Penyaluran BLT El Nino Berj

Kunjungi Kantorpos Manado, Presiden Jokowi Apresiasi Penyaluran BLT El Nino Berjalan Lancar

Setelah penyaluran BLT El Nino di Kantorpos Kecamatan Genteng, Banyuwangi, Jawa Timur, yang dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo Jokowi pada Rabu, 27 Desember 2023

img_title
VIVA.co.id
29 Desember 2023