Selasa, Jemaah Naqsabandiyah Idul Fitri

Ilustrasi salat Idul Fitri.
Sumber :
  • ANTARA

VIVA.co.id – Jamaah Tarekat Naqsabandiyah Al Kholidiyah Jalaliah di Provinsi Sumatera Utara menetapkan 1 Syawal 1437 H, pada hari Selasa, 5 Juli 2016. Penetapan idul fitri ini dinyatakan melalui Hisab Qamariyah dan atas itu terhitung Senin malam, 4 Juli 2016, digelar takbiran bagi jemaah.

LIVE Breaking News: Sidang Isbat 1 Syawal 1442 H

Syekh Muda Nur Zikri, ulama Naqsabandiyah Al Kholidiyah Jalaliah mengatakan salat Idul Fitri akan dilaksanakan esok pagi, sekira pukul 07.30 WIB.

"Ya besok kita Lebaran, setelah menetapkan 1 Syawal 5 Juli 2016," tutur Syekh Muda Nur Zikri.

Kemenag Gelar Sidang Isbat Penetapan Idul Fitri 2021

Menurutnya, pelaksanaan takbiran dan salat Idul Fitri akan digelar di Pondok Pesantren Darus Syafa Li Ahli Taqwa Thariqot Naqsyabandiah Alkholidiah Jalaliah di Pasar VI Simpang Kongsi Gang Leman Harahap, Marendal, Deli Serdang, Sumatera Utara.

Begitu juga, pelaksanaan salat Idul Fitri bertindak sebagai imam, Syekh Muda Nur Zikri. Sementara itu, khatib dipercayakan pada Syekh Muda Anwar Syazali.

Sidang Isbat Digelar Sore Ini, Begini Asal-Usulnya

Untuk diketahui, jamaah Tarekat Naqsabandiyah Al Kholidiyah Jalaliah juga memulai Ramadan sehari lebih awal dibanding ketetapan pemerintah. Jamaah menetapkan 1 Ramadan pada hari Minggi, 5 Juni 2016, lalu. Jadi, jamaah ini, satu hari lebih awal dari penetapan kementerian Agama.

Pakar astronomi dari Tim Unifikasi Kalender Hijriyah Kemenag Cecep Nurwendaya

Tim Falakiyah Kemenag Sebut Hilal 1 Syawal 1442 H Belum Terlihat

Tim falakiyah Kemenag mengungkapkan berdasarkan ijtima yang dilakukan untuk kawasan Indonesia hilal tidak akan terlihat.

img_title
VIVA.co.id
11 Mei 2021