Jokowi Janji Buka Forum Dialog di Hari Anak Nasional 2016

Presiden Joko Widodo artis cilik Tissa Biani selfie Hari Anak Nasional
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf

VIVA.co.id – Sekretaris Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) Wahyu Hartomo mengatakan persiapan peringatan Hari Anak Nasional (HAN) yang akan digelar di Mataram, Nusa Tenggara Barat, 19-22 Juli 2016 mendatang hampir rampung. Ia optimis acara tahunan itu akan berlangsung sukses.

Gibran-Selvi Hingga Jan Ethes-La Lembah, Ikut Meriahkan Hari Anak Nasional

"Dilihat dari persiapan saya 90 persen optimis bisa sukses acara itu," kata Hartomo di kantornya Sabtu, 16 Juli 2016.

Menurutnya acara Forum Anak ini memiliki persiapan yang istimewa, yakni dengan mendatangkan 3000 anak usia 11 hingga 17 tahun dari seluruh Indonesia, dimana 1000 diantaranya dari anak-anak lokal NTB. Kemudian, anak-anak dapat berdialog dengan Presiden Joko Widodo.

Talkshow Kesehatan Gigi dan Mulut Meriahkan Festival Hari Anak Nasional

"Kalau sebelum-sebelumnya Pak Presiden hanya memberi sambutan panjang, besok anak-anak dapat berinteraksi dengan Pak Presiden," ucapnya.

Menurut Hartomo, peringatan Hari Anak Nasional 2016 ini digelar di ruang terbuka atas keinginan Presiden. "Jadi di era sekarang memang tidak di gedung lagi, tapi di ruang terbuka karena massif maunya Bapak Presiden," tuturnya.

Bisa Asah Kreativitas dan Skill, Cara Ini Dipilih untuk Rayakan Hari Anak Nasional

Selain itu, acara dibuat agar tidak hanya bersifat seremonial saja. Panitia akan menfasilitasi sebuah forum dialog anak-anak Indonesia dengan Presiden Jokowi. Anak-anak akan menyampaikan keluh-kesahnya dan didengar langsung Presiden.

"Fokus suara anak akan didengar dan akan dilaporkan ke bapak Presiden langsung setelah anak-anak menyimpulkan langsung apa sih sebetulnya negara yang layak untuk anak-anak itu," ujarnya.

Setelah itu, pemerintah akan menyebarluaskan kepada seluruh Bupati dan Wali Kota seluruh Indonesia, terkait tindaklanjut dari permasalahan anak-anak di Indonesia yang disampaikan pada HAN 2016. "Tindaklanjutnya masing-masing beraksi dengan APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) yang ada nanti," ucapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya