Kapolri Pantau Arus Mudik Idul Adha di Tol Brexit

Kapolri Jenderal Tito Karnavian
Sumber :
  • VIVA/Syaefullah

VIVA.co.id – Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian akan meninjau Tol Brebes Timur, Jawa Tengah (Brexit). Hal itu dilakukan guna memantau arus mudik lebaran Idul Adha.

Arus Balik Libur Idul Adha Terpantau Lancar

"Sebentar lagi saya dan Kadiv Humas, serta Korlantas akan naik helikopter ke Brexit untuk melihat situasi arus mudik yang sebenarnya," kata Tito di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Sabtu, 10 September 2016.

Menurutnya, untuk pengamanan arus mudik dan arus balik libur Idul Adha, pihaknya sudah melakukan rapat koordinasi dua hingga tiga kali dengan instansi terkait.

Puncak Arus Balik Diprediksi Selasa 13 September

"Kami gelar rapat sudah hampir dua tiga kali rapat yang melibatkan Polri, Kementerian Perhubungan, Jasa Marga, BMKG, Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Kementerian Kesehatan dan Pertamina. Semua sudah dikomunikasikan," ujar Tito.

Dari laporan terakhir, mantan Kapolda Metro Jaya ini mengaku memang sempat dilaporkan terjadi kepadatan di Tol Brexit. Namun, belum seperti lonjakan saat libur Idul Fitri.

17 Ribu Pemudik Siap Berangkat dari Stasiun Pasar Senen

"Permasalahan pada saat Brexit Idul Fitri lalu dijadikan bahan evaluasi, maka dibangun posko-posko terutama di daerah Brexit. Laporan terakhir hingga subuh tadi memang padat, tapi tidak terjadi lonjakan seperti Idul Fitri, dan tidak terjadi peristiwa insiden yang kurang mengenakkan pada saat Idul Adha hingga pagi ini," katanya.

Ia menambahkan, pelantikan Komjen Pol Syafruddin sebagai Wakapolri juga dimaksudkan untuk membantu dalam pengamanan libur Idul Fitri. "Pengamanan Idul Adha arus mudik dan arus balik otomatis saya ingin Wakapolri ada secepatnya untuk mengamankan situasi ini," ucapnya. (ase)

Petugas memasang pembatas jalan di gerbang tol Brebes Timur

Mudik Idul Adha di Luar Prediksi

Mudik Idul Adha sudah diantisipasi pemerintah.

img_title
VIVA.co.id
13 September 2016