Banjir Landa 8 Kecamatan di Aceh Jaya

Ilustrasi/Banjir di Aceh
Sumber :
  • Zulfikar Husein/ VIVA.co.id

VIVA.co.id – Hujan deras dengan intensitas tinggi yang mengguyur Aceh Jaya selama tiga hari terakhir, membuat hampir delapan kecamatan di kabupaten tersebut terendam air. Akibatnya sebagian warga terpaksa mengungsi ke wilayah yang aman.

Viral Video Banjir Parah Menerjang Seoul Korsel yang Memadamkan Listrik di 4.000 Rumah

Menurut Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Aceh Jaya, daerah yang terendam air adalah Kecamatan Teunom, Pasie Raya, Panga, Krueng Sabee, Setia Bakti, Darul Hikmah, Jaya, dan Sampoiniet.

"Sementara ini ada yang menetap di rumah dan ada yang mengungsi ke masjid seperti warga Gampong Pulo Tinggi Kecamatan Pasie Raya," kata Fajar Diharta, Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Aceh Jaya, Selasa 18 Oktober 2016.

KBRI Pastikan Tak Ada WNI jadi Korban Bencana di Korea Selatan

Banjir ini diperkirakan terjadi karena sungai tak mampu menampung debit air hujan yang turun sejak tiga hari lalu, sehingga meluap ke pemukiman warga.

"Ada sungai yang meluap, akibat dari curah hujan yang tinggi," kata Fajar Diharta.

Bencana Banjir Landa Malaysia, 53.139 Jiwa Terdampak

Dia mengatakan pihaknya sudah menyiapkan alat berat di lokasi dan berbagai keperluan lain seperti dapur umum.

Banjir ini tak hanya menggenangi rumah warga, sejumlah fasilitas umum seperti jalan raya, juga tak luput dari rendaman air. Hal ini menyebabkan akses ke beberapa desa sulit ditembus.

Banjir melanda Kabupaten Aceh Singkil

Bencana Banjir di Aceh Singkil, Ribuan Rumah di 16 Desa Terendam

Banjir yang melanda Kabupaten Aceh Singkil semakin memburuk, menyebabkan ribuan rumah warga di Kecamatan Singkil dan Singkil Utara terendam.

img_title
VIVA.co.id
25 Desember 2023