Terancam Dilengserkan, Ade Komarudin Temui Megawati

Ketua DPR Ade Komarudin mendatangi kediaman Ketum PDIP Megawati Sukarnoputri
Sumber :
  • Danar Dono

VIVA.co.id –  Ketua DPR Ade Komarudin menyambangi rumah Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Sukarnoputri di Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat sore, 25 November 2016.

Suara Ganjar-Mahfud Terpuruk, Viral Lagi Ucapan Megawati: Jokowi Kasihan Deh

Ade Komarudin atau yang biasa dipanggil Akom mengaku bersilaturahmi dan meminta nasihat Megawati sebagai tokoh bangsa. "Minta nasihat kepada negarawan kita. Saya sebagai ketua DPR, dari dulu banyak dididik almarhum Pak Taufik. Tiap ke sini saya belajar banyak tentang nasionalisme dan kebangsaan," ujar Akom usai bertemu Megawati.

Akom juga menjelaskan alasan silaturahmi ini dengan Megawati. Menurut Akom, dia butuh masukan dan nasihat, terutama setelah aksi demo besar pada 4 November lalu. "Dengan peristiwa kemarin (411) saya mohon nasihat dari tokoh bangsa, bagaimana saya harus bertindak secara pribadi," kata Akom yang didampingi Wasekjen PDIP Eriko Sotarduga.

Menurut Akom dari pertemuan tersebut, dia diminta oleh Megawati untuk selalu taat aturan. "Beliau cuma pesan kepada saya bahwa beliau pesan saya untuk taat aturan.”

Ditemani Puan-Prananda, Megawati Nyoblos di TPS Kebagusan

Pertemuan tersebut dilakukan di tengah rencana Partai Golkar mengganti posisi Akom sebagai ketua DPR RI. Pasalnya, rapat pleno Partai Golkar pada Senin, 21 November 2016 memutuskan Ketua Umum Partai Golkar, Setya Novanto kembali menjabat Ketua DPR RI, menggeser Ade Komarudin.  Idrus memastikan, keputusan Setya Novanto untuk menjabat Ketua DPR RI merupakan dukungan riil Partai Golkar, sebagai perwakilan partai di pimpinan DPR RI. 

Menurutnya, keputusan untuk merotasi jabatan Ketua DPR RI Ade Komarudin, untuk digantikan oleh Setya Novanto sudah melalui kajian hukum DPP Partai Golkar. Apalagi, alasan Novanto mundur dari Ketua DPR RI sebelumnya, adalah karena desakan publik atas kasus 'Papa Minta Saham' yang menjerat Setya Novanto.

Sosok Budi Gunawan, Kepala BIN yang Disentil Jenderal Dudung saat Tanggapi Ucapan Megawati

(mus)

Arsip foto - Wakil Presiden Ke-10 dan Ke-12 Jusuf Kalla bersama capres Koalisi Perubahan Anies Baswedan (tengah) dan Anggota Tim Delapan Sudirman Said (kanan) memberi keterangan di kediaman JK, Jakarta, Sabtu, 7 Oktober 2023.

Anies Baswedan Sebut Tinggal Tunggu Waktu Jusuf Kalla dan Megawati Ketemu

Pertemuan antara Jusuf Kalla dengan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, tinggal menunggu waktu saja. Itu dikatakan Anies Baswedan. Pertemuan sudah lama diwacanakan.

img_title
VIVA.co.id
1 Maret 2024