Mendikbud: Ujian Nasional akan Diganti USBN

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy.
Sumber :
  • VIVA/Lucky Aditya

VIVA.co.id – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI, Muhadjir Effendy, mengatakan usai moratorium Ujian Nasional (UN), Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) akan diberlakukan.

UN 2020 Ditiadakan, Apa Indikator Pengganti Paling Ideal?

"Bedanya (antara UN dan USBN) nanti tidak hanya (soal) pilihan ganda, tapi ada esai. Untuk menggali kemampuan siswa. Critical thinking-nya yang selama ini belum," kata Muhadjir di gedung DPR, Jakarta, Kamis, 1 Desember 2016.

Ia menjelaskan, mata pelajaran yang akan diujikan dalam USBN tidak hanya pelajaran tertentu seperti UN, tapi berlaku untuk seluruh mata pelajaran. Dari nilai USBN tersebut, pemerintah akan menggunakannya sebagai standar nasional.

Alasan Jokowi Hapus UN 2020

"USBN paperless dengan menggunakan komputer. Kalau bisa dilakukan, kita sudah siap 70-80 persen, akan lebih efisien dan kurang. Tinggal produk soal saja," ujar Muhadjir.

Ia menambahkan, dalam soal-soal USBN akan dimasukkan pertanyaan dengan konten lokal dan titipan nasional. Adapun pembiayaan USBN akan berasal dari alokasi UN.

Wabah Corona, Jokowi Keluarkan Tiga Opsi Terkait Ujian Nasional

"Perubahan ini tak ada yang bebani pemerintah provinsi dan kabupaten. Sudah ada alokasi UN. Lebih Rp1 triliun, ini bukan anggaran USBN melulu, tidak terfokus. Misalnya pembinaan guru, itu sudah ada program guru pembelajar," ujar Muhadjir menjelaskan.

Sebelumnya, Mendikbud memang mengatakan akan menghapus UN, mulai dari tingkat SMP sederajat hingga SMA/SMK sederajat. Alasannya, UN selama ini hanya bertujuan untuk pemetaan sekolah secara nasional, atau bukan lagi penentu kelulusan.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy

Marahi Anggota DPR, Menko Muhadjir: Kayak Malaikat Tanya Terus Pergi

Muhadjir marah karena anggota DPR Komisi IX tak menghargainya di RDP.

img_title
VIVA.co.id
12 Juni 2020