Perakit Belajar Bom dari Bahrun Naim Lewat Aplikasi Telegram

Bahrun Naim, terduga teroris yang mendalangi seluruh aktivitas terorisme di Indonesia
Sumber :
  • ANTARA FOTO/SOLOPOS/Burhan Aris Nugraha

VIVA.co.id – Kepolisian memastikan kelompok pelaku teror bom yang kabarnya akan diledakkan di kawasan Istana Negara, merupakan jaringan Bahrun Naim yang berafiliasi dengan kelompok Islam radikal di Suriah, atau ISIS.

Ngeri, Slovakia Terima 1.100 Ancaman Bom dalam Sehari

Kelompok kecil yang terdiri dari satu perempuan, DYN, dan tiga laki-laki, MNS, AS, dan S, itu diketahui kerap berkomunikasi langsung dengan Bahrun Naim yang disebut-sebut berada di Suriah.

Tak cuma itu, dari pemeriksaan polisi, terungkap DYN dan anggota kelompoknya belajar merakit bom lewat panduan Bahrun Naim melalui sebuah aplikasi pesan foto dan video.

Tokoh Bali Ngurah Harta Pastikan Bali Aman, Siap Selenggarakan World Water Forum ke-10

"Mereka belajarnya melalui BN (Bahrun Naim), melalui komunikasi, melalui telegram. Yang bersangkutan dikasih tahu membuat bomnya melalui telegram. Ini memang sel baru," ujar Kabag Mitra Biro Penerangan Masyarakat Polri Kombes Pol Awi Setiyono, Minggu 11 Desember 2016.

Sejauh ini, Awi mengatakan, seluruh terduga teroris yang telah diamankan masih tidak konsisten keterangannya. Termasuk, belum dipastikan apa sasaran yang hendak diserang oleh mereka.

72 Narapidana Terorisme Ucapkan Ikrar Setia NKRI

"Nanti, akan kita update lagi. Tidak mudah untuk memeriksa mereka-mereka yang siap mati," kata Awi. (asp)

Serangan Bom Bunuh Diri di Pakistan (Doc: NDTV)

Bom Bunuh Diri di Pakistan Tewaskan 5 Insinyur China, Pelaku Dari Afghanistan

Militer Pakistan mengatakan pada hari Selasa, 7 Mei 2024, bahwa serangan bom bunuh diri yang menewaskan lima insinyur Tiongkok direncanakan di negara tetangga Afghanistan

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024