Kapolda NTT Pastikan Penyerangan Siswa SD Murni Kriminal

Pelaku penggorokan bocah SD di NTT yang tewas dalam tahanan Polsek Sabu Barat usai massa menyerang kantor polisi, Selasa (13/12/2016)
Sumber :
  • VIVA.co.id/facebook

VIVA.co.id –  Kapolda Nusa Tenggara Timur, Brigadir Jenderal Polisi E. Widyo Sunaryo memastikan, aksi penikaman yang dilakukan Irwansyah terhadap tujuh siswa SDN 1 Sabu Barat tidak terkait unsur suku, ras, agama dan antargolongan (SARA).

"Kasus tersebut murni tindak kriminal dan sama sekali tidak ada kaitan dengan SARA," kata Widyo Sunaryo dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 14 Desember 2016.

Widyo memastikan, situasi saat ini situasi di lokasi sudah kondusif bahkan dirinya bersama Komandan Resort Militer Korem (Danrem), Kepala BIN Daerah (Kabinda), dan Kapolres setempat sudah bertemu dengan warga dan melakukan perbincangan.

"Saya mengimbau agar warga Sabu Raijua dan NTT tidak mudah terprovokasi oleh berita di media sosial yang cenderung memutarbalikan fakta," ujarnya.

Marah ke Anak, Lantas Apa yang Harus Dilakukan Orangtua?

Sebelumnya, Wakil Bupati Nikodemus Rihi Heke menyatakan situasi kemanan di Kabupaten Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur kondusif. Tidak ada aksi balas dendam terhadap etnis tertentu dan yang terjadi adalah murni kriminal.

“Ada yang bilang akan berlanjut pada penyerangan dan sweeping terhadap etnis tertentu. Itu bohong. Saya minta semua pihak jangan terprovokasi,” katanya.
 
Mencermati situasi yang terjadi, Nikodemus menyerukan pesan damai kepada seluruh masyarakat di kabupaten yang berjuluk Tanah Seribu Lontar itu. “Saya ingatkan warga untuk tahan diri. Tetap jaga persaudaraan dengan warga pendatang umumnya," ujarnya.

Polisi Gerebek Panti Asuhan di Medan, Diduga Eksploitasi Anak di Tiktok

Ada tujuh siswa yang mengalami luka pada bagian leher akibat kejadian ini. Tidak ada korban meninggal dalam kejadian ini, hanya satu siswa yang mengalami luka cukup serius. Tapi kejadian ini mimicu amarah dari masyarakat. Ribuan orang berkumpul dan mengepung kantor polisi. Massa kemudian menjebol ruang tahanan dan menghakimi pelaku hingga tewas.

Ilustrasi kekerasan pada anak

Tragedi Penganiayaan Anak Selebgram: Waspada! Ini 5 Cara Lindungi Anak dari Kekerasan

Berkaca pada kasus penganiayaan yang dialami putri Aghnia Punjabi. Apa yang perlu dilakukan oleh orang tua dalam melindungi anak mereka dari kekerasan?

img_title
VIVA.co.id
2 April 2024