Semarang Gelar 34 Acara di Malam Pergantian Tahun

Ilustrasi malam Tahun Baru 2017.
Sumber :
  • Pixabay/Pixaline

VIVA.co.id – Sebagai kota yang memiliki banyak destinasi unggulan di Jawa Tengah, Semarang bakal menggelar beragam acara untuk memeriahkan malam pergantian tahun. Tercatat ada 34 acara siap digelar untuk memanjakan warga dan wisatawan di daerah berjuluk Kota Lumpia itu.

Vaksinasi COVID-19 di Kota Semarang Lampaui 100 Persen

Puluhan acara itu bakal tersebar merata di sejumlah area penting, mulai pusat kota hingga wilayah pinggiran. Gelaran pesta kembang api besar akan disiapkan pemerintah kota di sebuah destinasi heritage Semarang, yakni titik nol kilometer kawasan Kota Lama.
 
Di lokasi itu, malam menyambut tahun baru 2017 akan dimeriahkan konser musik yang diisi oleh musisi legendaris Tanah Air. Mereka adalah Power Slaves, Roy Jeconiah Boomerang, Rockstar, Javaston serta grup dangdut Om Sera bersama penyanyi Via Vallen.

"Acara malam pergantian tahun juga dihelat di berbagai tempat hiburan dan objek wisata kota Semarang. Jumlahnya sekitar 34 agenda untuk memanjakan warga dan menarik wisatawan untuk datang," kata Kepala Bagian Humas Pemkot Semarang, Achyani, Jumat, 30 Desember 2016.

Kasus COVID-19 di Kota Semarang Mendadak Melonjak Lagi

Achyani menyebut, sejumlah agenda itu masing-masing, Festival Gong Tugu Muda Dewan Kesenian Semarang di Taman Menteri Supeno, Pesta Kembang Api, dan live music di lapangan Jatisari Mijen, Pantai Marina, Kolam Renang Aston Hotel, Kolam Rumah Makan Kampoeng Laut, Taman depan Virgin Cake & Bakery dan Banaran 9 Coffee and Tea, serta Pentas Seni Kampoeng Wisata Taman Lele di Mangkang.

Sementara itu, di kawasan Pekan Raya Promosi Pembangunan (PRPP), sejumlah agenda dihelat, seperti Magical Desember Bazaar, Ice Skating, Snowland, Music, Dancing, Fountain, Snow Ghost dan pesta kembang api. Di objek Wisata Sam Poo Kong, berbagai hiburan atraksi dihelat, seperti Barongsai dan bazar kuliner.

Jam Buka Restoran di Kota Semarang Tak Dibatasi selama PPKM Darurat

"Pagelaran wayang kulit juga dihelat di Taman Budaya Raden Saleh. Bagi peminat satwa, Taman Marga Satwa Semarang akan menggelar atraksi satwa dan acara lain," ujar Achyani.

Terkait ragam agenda malam pergantian tahun di Semarang, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengimbau agar seluruh warga dan wisatawan yang datang bisa merayakan tahun baru dengan tertib, aman, dan nyaman.

"Masyarakat juga kami minta waspada dan selalu melakukan pengawasan terhadap tindakan melanggar hukum. Agar tahun 2017 kita sambut dengan penuh kenangan," tutur Hendrar.

Imbauan pemerintah juga ditujukan kepada seluruh pengelola wisata dan hiburan yang menggelar acara pesta kembang api. Hendrar meminta agar seluruhnya bisa menyediakan fasilitas kesehatan demi keselamatan pengunjung.

Agar situasi lalu lintas berjalan kondusif, pemerintah kota melalui Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi juga telah memetakan rekayasa lalu lintas di sejumlah titik. Khusus Jalan Pemuda pusat kota akan ditutup pada Sabtu, 31 Desember 2016 mulai pukul 16.00 WIB. Arus lalu lintas di kawasan itu akan dialihkan melalui Jalan Imam Bonjol, Jalan Agus Salim, Jalan Kolonel Sugiyono, Jalan Empu Tantular, serta Jalan Letjen Suprapto.

Sementara itu, akses jalan dari kawasan Kota Lama, lalu lintas dialihkan melewati depan kantor DPPAD Jawa Tengah. Sementara itu, arus kendaraan dari Jalan Imam Bonjol akan diarahkan ke Jalan Layur.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya