PDIP Minta Pemerintah Jangan Panik Hadapi Berita Hoax

Informasi tidak benar atau hoax
Sumber :
  • Divisi Humas Mabes Polri

VIVA.co.id – Anggota Komisi I DPR, Effendi Simbolon, mengingatkan pemerintah tidak panik dalam menyelesaikan persoalan berita-berita atau informasi yang tidak benar alias hoax. Dia menyarankan pemerintah tetap tenang dan tak terlalu memusingkan hal itu.

Tanggapi Berita Hoax, Depe: Setiap yang Viral, di Situ Ada Dewi Perssik!

"Kan dulu juga pemerintah menggunakan netizen untuk memenangkan pemilu, kenapa sekarang memusuhi? Ada apa?" kata Effendi saat diskusi bertajuk “Media Sosial, Hoax dan Kita'” di Warung Daun Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu 7 Januari 2017.

Hal itu disampaikan Effendi juga untuk menyoroti rapat terbatas yang digelar Presiden Joko Widodo membahas masalah hoax.

Menurut politisi PDIP itu, ketika masyarakat melakukan aktualisasi diri di media sosial, tidak perlu ada yang dirisaukan. Pemerintah diminta tidak kaku menyikapi perkembangan sosial media.

Dikabarkan Meninggal Dunia, Gilang Dirga Tak Marah, Kenapa?

Apalagi medsos juga digunakan masyarakat internasional, bukan hanya dirasakan atau dimanfaatkan masyarakat Tanah Air.   "Ini interaksi manusia. Maka posisi pemerintah harus lebih luwes," ujarnya. 

Namun, sambung Effendi, apabila sudah melenceng serta membahayakan ideologi negara, dan memenuhi unsur fitnah maka itu harus ditindak tegas. Sebab, di Indonesia hidup berdemokrasi yang bertanggungjawab.

Heboh, Warga Tasikmalaya Diterpa Berita Hoax Kiai Tewas Bersimbah Darah

"Kalau sudah masuk unsur fitnah, laporkan saja ke polisi. Langsung saja, jangan didramatisir," kata Effendi.  

Penindakan tegas juga sudah ada aturannya. Karenanya, pemerintah disarankan bertindak sesuai dengan aturan yang ada. "Jangan bertindak di luar itu," lanjut dia. 

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya