Bahas Bela Negara, Menhan Akan Kumpulkan Kepala Daerah

Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Moh. Nadlir.

VIVA.co.id –  Menteri Pertahanan RI Ryamizard Ryacudu mengatakan, bahwa pihaknya akan menggandeng Menteri Dalam Negeri untuk segera mengumpulkan para kepala daerah terkait bela negara. 

Kemenag Tagetkan 5 Ribu Pesantren Terima Inkubasi Bisnis hingga 2024, Saat Ini Baru 2.600

"Nanti saya kumpulkan lagi dengan Mendagri, kepada gubernur bupati, walikota, saya ngomong dulu," ujar Ryamizard di kantornya, Jakarta Pusat, Kamis 12 Januari 2017.

Ia menyampaikan hal itu menanggapi pencopotan Komandan Distrik Militer (Dandim) 06/03 Lebak, Letkol Czi Ubaidillah karena memberi pelatihan Bela Negara kepada anggota Front Pembela Islam (FPI).

Bangun Karakter Kebangsaan, Universitas MH Thamrin Gelar LDBN

"Kesalahannya dia tidak izin. Harusnya dikasih tahu. Saya saja kalau mau pergi ke mana-mana saja izin Presiden kok. Saya menteri, mau ke mana saya lapor dulu," ujar dia. 

Karena itu, seharusnya kata Ryamizard Dandim Lebak tersebut izin terlebih dulu kepada Panglima Kodam (Pangdam) III Siliwangi, Mayjen Muhammad Herindra sebagai atasannya.

Gubernur Lepas Kontingen Pornas Korpri dan Kwarda Gerakan Pramuka Kaltim

"Jadi laporan dulu. Nah, itu tiba-tiba bikin kegiatan. Saya saja kaget. Itu enggak boleh. Kalau laporan enggak ada masalah," kata dia.

Berdasarkan hasil pemeriksaan yang dilakukan Kodam III Siliwangi terkait prosedur dan tata cara pelatihan Bela Negara yang diberikan Kodim 0603 Lebak bersama FPI,  Czi Ubaidillah terbukti melanggar aturan, yang berlaku dengan memberi pelatihan bagi ormas tanpa melalui prosedur yang harusnya ditempuh. Seharusnya ia terlebih dahulu melapor kepada atasan. 

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya