Jepang Bantu Pengamanan Laut dan Pulau Terluar RI

Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe dengan Presiden Joko Widodo, saat bertemu di Istana Bogor, Jawa Barat, Minggu, 15 Januari 2017.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rosa Panggabean

VIVA.co.id – Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, mengatakan, pertemuan bilateral dengan Indonesia melahirkan keputusan mendasar. Abe mencontohkan, keputusan itu seperti kerja sama kedua negara di bidang kemaritiman dan keamanan laut.

Jepang Ingin Perkuat Kemitraan RI, Sepakat Stabilisasi Indo-Pasifik

"Sebagai sesama negara maritim, bagi Jepang dan Indonesia, maka kerja sama kemaritiman adalah prioritas paling utama dalam kerja sama antara kedua negara. Jepang akan secara aktif mendorong kerja sama dalam pengamanan laut dan mendorong pengembangan pulau terpencil Indonesia," kata PM Abe dalam keterangan pers bersama di Istana Bogor, Jawa Barat, Minggu 15 Januari 2017.

Kerjasama itu bisa dilakukan, lanjut Abe, mengingat kedua negara sudah membentuk forum maritim Indonesia Jepang, Desember lalu.

Ketemu Jokowi, PM Suga Pastikan Jepang Percepat Investasi ke Indonesia

Indonesia memang sedang memperkuat kawasan terdepan. Seperti di Natuna yang dibangun cold storage untuk sektor perikanan. Juga pembangunan pangkalan militer di pulau terdepan Indonesia tersebut.

Kesepakatan PM Abe dan Jokowi dalam bilateral juga mengenai sektor keamanan. Yakni melalui forum 2 plus 2.

Jokowi Tegaskan Jepang Mitra Penting Indonesia

"Kami sepakat memperdalam kerja sama di bidang pertahanan dan keamanan, dengan membahas kerangka kerja sama di bidang keamanan dan pertahanan, seperti pertemuan tingkat menteri 2 plus 2," jelas Abe.

Politikus senior Akbar Tanjung.

Dapat Penghargaan dari Pemerintah Jepang, Akbar Tandjung: Ini Suatu Kehormatan

Politikus senior Akbar Tandjung sabet penghargaan dari pemerintah Jepang. Pengharaan itu Bintang Tanda Jasa: Grand Cordon of the Order of the Rising Sun.

img_title
VIVA.co.id
9 November 2022