Bocah Meninggal Dunia di Yogyakarta, Diduga Kena Antraks

Ilustrasi bakteri antraks
Sumber :
  • NIH

VIVA.co.id – Rumah Sakit Dr. Sardjito, Yogyakarta, membenarkan kabar adanya pasien anak-anak usia delapan tahun yang meninggal dunia setelah menjalani perawatan. Rumah sakit belum memastikan anak tersebut meninggal akibat penyakit yang diduga antraks.

Bagaimana Penyakit Antraks Dapat Menyebabkan Kematian pada Manusia?

Mereka juga membantah bahwa saat ini tengah merawat 15 pasien yang diduga tertular penyakit tersebut.

Kepala Bidang Hukum dan Humas RS Dr. Sardjito, Trisno Heru Nugroho, menjelaskan kronologi pasien yang meninggal dunia. Pada 31 Desember 2016, rumah sakit menerima pasien anak laki-laki warga Kabupaten Sleman, rujukan dari Rumah Sakit Umum Daerah Sleman.

2 Tanda Penting Bedakan Daging Hewan Terinfeksi Antraks, Wajib Dihindari!

"Saat tiba, kondisi pasien panas tinggi dan kesadaran mulai menurun. Pasien langsung dirawat di ruang PICU (pedriatic intensive care unit)," kata Heru, Jumat 20 Januari 2017.

Selama perawatan, pasien mendapatkan pemeriksaan menyeluruh. Namun, setelah dirawat selama enam hari, nyawa pasien tak tertolong.

Telan Korban Jiwa, Dinkes Tegaskan Antraks Tak Bisa Menular dari Manusia ke Manusia

"Sampai hari ini, penyakit pasien sedang didata, diagnosis penyebabnya. Hasilnya akan kami umumkan empat hari lagi," ungkapnya.

Dinas Kesehatan Sleman juga turun ke lapangan, untuk melakukan investigasi ke pihak keluarga pasien dan juga tetangga. "Jadi, kami terus melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan Sleman, untuk memastikan penyakit dari pasien," ujarnya. 

Ilustrasi sapi ternak

Ratusan Ternak di Boyolali Divaksinasi Guna Cegah Wabah Antraks

Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Boyolali, Jateng, memvaksin ratusan hewan ternak untuk mencegah penyakit antraks di daerah endemis Desa Banyuanyar, Kec. Ampel.

img_title
VIVA.co.id
12 Juli 2023