Ade Komarudin: Saya Tak Tahu Aliran Dana e-KTP

Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Golkar, Ade Komarudin (tengah), menjawab pertanyaan seusai menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Jumat (3/2).
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Reno Esnir

VIVA.co.id - Mantan Ketua DPR, Ade Komarudin, mengaku tidak mengetahui masalah korupsi proyek e-KTP. Akom, yang kini Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Golkar, mengaku hanya diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi terkait pembahasan proyek tersebut.

Saksi-saksi Penting Kasus E-KTP Tercecer Bicara di ILC tvOne

"Saya tidak tahu. Saya hanya bilang semua yang saya tahu. Kalau soal urusan aliran dana (korupsi e-KTP) saya tidak tahu," kata Akom usai diperiksa penyidik di kantor KPK, Jl. HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Jumat 3 Februari 2017.

Akom merupakan Sekretaris Fraksi Partai Golkar di DPR ketika proyek e-KTP senilai Rp5,8 triliun pertama kali bergulir. Disinggung ihwal pertemuan-pertemuan yang dihadiri Ketua Fraksi Golkar yang saat itu dijabat Setya Novanto, Akom tak mau membeberkannya. Ia menyarankan agar awak media mengkonfirmasinya kepada penyidik.

Komisi II Curiga, 805 Ribu E-KTP Invalid Tak Dimusnahkan

"Tanya saja ke penyidik (soal itu)," tegas Akom yang diperiksa untuk tersangka Sugiharto.

Dalam perkara korupsi Rp 2,3 triliun itu, KPK menduga banyak yang bermain dari anggota DPR RI. Beberapa pimpinan komisi dan fraksi di DPR pun telah diperiksa.

E-KTP Tercecer, Polisi: Kemendagri Teledor Pilih Ekspedisi

Mantan Bendahara Umum Partai Demokrat Muhammad Nazaruddin sebelumnya membeberkan nama-nama yang diduga turut kebagian uang korupsi e-KTP. Selain mantan Mendagri, Nazaruddin juga menyebutkan Setya Novanto terlibat kasus ini.

Namun sejauh ini penyidik KPK baru menjerat dua orang tersangka. Mereka yakni mantan Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri, Irman dan mantan Direktur Pengelola Informasi Administrasi Kependudukan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri, Sugiharto. (ren)

Ketua Dewan Pembina Partai Golkar Aburizal Bakrie menjenguk Ade Komaruddin

Jenguk Akom, Aburizal Bakrie: Mohon Doa Sahabat Semua

Kondisi Akom banyak kemajuan.

img_title
VIVA.co.id
20 Juni 2018