Yasonna: e-KTP Program Bagus, Pelaksanaan Amburadul

Menkumham Yasonna H Laoly
Sumber :
  • ANTARA/Sigid Kurniawan

VIVA.co.id – Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Hamonangan Laoly mengakui, proyek penyediaan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) yang telah bergulir saat ini berjalan tidak sempurna.

KPK Periksa Keponakan Surya Paloh

"Ini (e-KTP) baik tapi dalam pelaksanaan amburadul," kata Yasonna di Istana Negara, Jumat, 3 Februari 2017.

Menurut Yasonna, secara prinsip, program e-KTP baik untuk rakyat Indonesia. Sebab awalnya proyek itu dirancang agar bisa memudahkan lewat satu nomor identitas diri.

KPK Setor Uang ke Kas Negara Rp1,1 Miliar dari Eks Pejabat Muara Enim

"Program itu baik ya. Mungkn pelaksanaannya nggak bener. Karena dulu disepakati jadi single identity number bisa dipakai pajak. Semua-lah," katanya.

Yasonna sedianya pada Jumat, 3 Februari 2017, menjadi saksi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam perkara dugaan kasus korupsi proyek e-KTP.

MAKI Minta KPK Tuntaskan Kasus Korupsi Kapal Tongkang

Namun, ia tak bisa memenuhi panggilan tersebut, lantaran sedang ada agenda negara. Ia pun meminta untuk menjadwalkan ulang pemanggilannya.

"Saya belum datang. Karena kemarin undangannya jam 1 sore saya ada rapat tadi dengan ristek. Saya minta reschedule-lah. Ya nantilah kita lihat. Terserah mereka juga, kita sesuaikan waktunya," kata mantan anggota Badan Anggaran DPR periode 2009-2014 itu. (mus)

Ilustrasi Foto Firli Bahuri dan Karyoto (Sumber Majalah Tempo 26 November 2023)

Integritas Firli Bahuri dan Komitmen Penegakan Hukum Irjen Karyoto

Setelah mempertimbangkan semua bukti-bukti pelanggaran etik yang dilakukan Firli saya menyimpulkan Firli memang bukan pribadi yang berintegritas.

img_title
VIVA.co.id
8 Januari 2024