Beda Umur 50 Tahun, Sofian Kukuh Nikahi Nenek Martha

Pasangan pengantin baru, Sofian (28 tahun dan Martha Potu (82 tahun) menunjukkan foto pernikahan mereka pada pekan lalu, Selasa (21/2/2017)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Agustinus Hari

VIVA.co.id – "Mana cucu Anda yang mau dinikahkan dengan anak saya, dan jadi menantu saya," kata Sofian Loho Dandel (28) menirukan perkataan ibunya ketika mengantarkan bujangan ini untuk melamar pujaan hatinya.

Angka Perkawinan Indonesia Merosot, Ini 5 Alasan Orang Enggan Menikah

Ketika itu, ibu Sofian, sedang berhadapan dengan Martha Potu, perempuan renta yang telah berusia 82 tahun asal Desa Lelema Minahasa Selatan Sulawesi Utara.

Saat itulah, Martha kemudian menjawab, bahwa calon pujaan hati Sofian itu adalah dirinya. Apa yang dijawab Martha tentu membuat keluarga besar Sofian terkejut.

Seniman Spanyol Bakal Nikah dengan Hologram, Pertama di Dunia dan Ini Alasannya

Penolakan pun terjadi. Namun cinta Sofian sudah terlanjur kepada perempuan yang memiliki selisih umur dengan dirinya lebih dari setengah abad tersebut.

"Kami diberkati Sabtu pekan lalu. Dan sekarang sudah tinggal sama-sama," ujar Sofian, Selasa, 21 Januari 2017.

Geger, Wanita Menikah dengan Hologram di Tempat yang Tak Terduga

Siapa pun memang pasti terkejut melihat pasangan beda generasi ini memilih mengikat janji suci dalam pernikahan. Namun demikian, faktanya cinta memang tak memandang usia. Keduanya kukuh memadu kasih untuk serius.

Telepon Nyasar

Pengakuan Sofian, perkenalaannya dengan Martha Potu berawal dari ketidaksengajaan. Warga Pulau Mantehage yang berprofesi sebagai pekerja bengkel ini mengaku cintanya tertambat ke Martha dari sebuah telepon nyasar dari sang nenek.

"Awalnya ada telepon nyasar masuk ke HP (handphone) saya. Kami akhirnya berkomunikasi, lalu jatuh cinta," kata Sofiyan.

Saat itu, Sofian tak pernah melihat wajah mengetahui usia dari Martha Potu. Cinta melalui sambungan telepon itu pun bersemi semakin kuat. Hingga akhirnya bujangan ini memilih menemui Martha ke Desa Lelema di Minahasa Selatan.

"Saya tidak tahu usia Martha. Setelah dua minggu kemudian saya ke Lelema, kaget karena ternyata Martha sudah nenek-nenek," kata Sofian.

Namun demikian, cinta itu tetap tak bisa terbendung. Sofian pun memilih hidupnya untuk bersanding dengan Martha. Karena itulah ia nekat memboyong keluarganya untuk melamar sang pujaan hati.

"Saya berkomitmen untuk menjaga cinta kami," ujar Sofian sambil memeluk Martha. Martha tak kalah bahagia. “Tuhan telah utus Sofyan untuk menjaga saya," timpalnya. Ya, keduanya memang tak segan mengumbar kemesraan mereka ketika ditemui.

Martha sebelumnya sudah berstatus janda sejak 10 tahun silam, karena ditinggal mati suaminya. Ia memiliki dua orang anak dan masing-masingnya telah bekerja di luar negeri yakni, Jerman dan Arab Saudi.

Meski banyak keluarga yang menentang, hal itu tidak menghalangi keduanya untuk hidup bersama. Setelah pemberkatan perkawinan di gereja, kini pasangan beda generasi itu sementara mengurus pernikahan di Kantor Catatan Sipil.

Di jejaring sosial, beredarnya foto pernikahan kedua pasangan ini langsung membuat geger. Sejak pekan lalu, pernikahan unik ini menjadi percakapan warga, dan ternyata benar adanya, Sofian dan Martha menjadi bukti bahwa cinta itu memang tidak mengenal usia dan fisik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya