Disangka Punah, 4 Macan Tutul Muncul di Sukabumi

Ilustrasi macan tutul.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Lucky Aditya

VIVA.co.id – Empat ekor macan tutul (Panthera pardus melas), satwa langka yang dipercaya telah punah, memunculkan diri di Suaka Margasatwa Cikepuh, Sukabumi, Jawa Barat.

Top Trending: Kades di Tangerang Pecat 27 Ketua RT/RW hingga Bocah Laki-laki Didatangi Macan Tutul

Aktivitas keempat ekor hewan itu terekam dalam kamera perangkap (camera trap) yang sengaja dipasang di kawasan Suaka Margasatwa.

"Hasil pengamatan selama 28 hari memperlihatkan tujuh frame video yang menunjukkan aktivitas macan tutul di SM Cikepuh," kata Kepala Biro Humas Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Djati Witjaksono Hadi dalam siaran persnya dikutip, Kamis, 23 Februari 2017.

Bikin Ngeri! Sedang Asyik Main Ponsel, Bocah Laki-laki Ini Tiba-tiba Didatangi Macan Tutul

Dikatakannya, dari pengamatan itu terlihat bahwa dari empat ekor macan tutul tersebut, tiga di antaranya adalah macan dengan pola tutul kuning dan seekor lagi adalah varian tutul hitam atau kerap dikenal sebagai macan Kumbang.

Macan Tutul Jawa

Karya Fotografi Menangkap Keindahan Satwa di Taman Safari, Ada Kisah Menarik di Baliknya

FOTO: Macan Tutul Jawa/M Solihin

Dan kini, berdasarkan analisis sederhana, diperkirakan bahwa populasi macan tutul di Cikepuh berjumlah 12 ekor. Kedepan akan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut terkait prediksiitu serta rasio jenis kelamin hewan langka tersebut.

Macan tutul Sukabumi, sejak beberapa waktu lalu sudah diduga punah akibat rusaknya 50 persen kawasan hutan. Itu bermula dari sejak awal tahun 1998 hingga ke tahun 2001. Sejak itu, tak diketahui lagi keberadaan macan tutul.

"Hadirnya kembali satwa ini merupakan salah satu indikator keberhasilan rehabilitasi dan restorasi kawasan Cikepuh sebagai zona inti Geopark Ciletuh," kata Djati.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya