Satgas Kemenkes dan KPK soal BPJS Diapresiasi

Seorang petugas perlihatkan contoh kartu BPJS Kesehatan
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Agus Bebeng

VIVA.co.id – Pembentukan satuan tugas pencegahan praktik kecurangan atau fraud dalam penyelenggaraan Jaminan Kesehatan Nasional mendapat respons positif dari parlemen. Satgas bentukan Kementerian Kesehatan dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) itu dinilai langkah baik untuk mengantisipasi kebocoran anggaran JKN. 

Direktur SDM dan Umum BPJS Kesehatan Ajak Pemudik Mampir ke Posko Mudik BPJS Kesehatan

"Jika itu nantinya terlaksana, saya kira ini merupakan langkah yang bagus untuk mengantisipasi terjadinya fraud dan lainnya," ujar anggota Komisi IX DPR, Muhammad Iqbal dalam keterangannya, Senin 27 Februari 2017. 

Selain pembentukan Satgas, dia berpandangan, hal terpenting sebenarnya adalah pengawasan rutin dan intensif atas program JKN beserta anggarannya. Sebab, menurut politikus PPP itu, sistem pengelolaan JKN yang bagus tapi minim pengawasan bisa menimbulkan penyalahgunaan. 

Dukung Program BPJS Ketenagakerjaan, Pemkab Cirebon Siapkan Dana Desa

"Kecurangan-kecurangan itu bisa saja terjadi. Untuk itu pengawasan yang intensif terhadap program JKN merupakan dua hal yang harus dilakukan oleh pemerintah agar sistem ini dapat terlaksana dengan baik, sesuai dengan harapan masyarakat," kata dia. 

Sebelumnya, pekan lalu, Menteri Kesehatan Nila F Moeloek bertemu dengan KPK untuk membahas langkah penanganan indikasi kecurangan rumah sakit dalam klaim BPJS. 

Gelar Safari Ramadan, Ketua Dewas BPJS Ketenagakerjaan Perkuat Sinergi Perlindungan Pekerja

Menteri Kesehatan mengatakan institusinya bersama KPK sepakat membentuk Satgas pencegahan praktik fraud dalam penyelenggaraan Jaminan Kesehatan Nasional. (art) 

Operasi Katarak, Juling dan Implan Glaukoma di JEC Eye Hospitals Group

Berbagi Kebaikan Ramadhan, JEC Hadirkan Layanan BPJS Kesehatan dan Operasi Katarak-Juling Gratis

Tanpa ada pembeda dengan pasien reguler, pasien peserta BPJS kesehatan akan mendapatkan penanganan dari dokter spesialis mata profesional yang tentunya berpengalaman.

img_title
VIVA.co.id
5 April 2024