Raja Salman Datang, Parkir Pesawat di Bandara Bali Dipindah

Persiapan Indonesia menjelang kedatangan Raja Salman
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

VIVA.co.id – General Manager Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali, Yanus Suprayogi menyatakan telah menyiapkan segala fasilitas yang dimiliki untuk menyambut kedatangan Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulazis al-Saud.

Angkasa Pura I Layani 5,5 Juta Penumpang di Januari 2024

Pihaknya telah menyiapkan parkir khusus pesawat yang akan mengangkut Raja Salman dan rombongan selama berlibur di Bali. "Kami sudah buatkan parking stand di bagian selatan untuk enam pesawat Raja Salman dan rombongan. Nantinya di sana (pesawat Raja Salman) akan dipusatkan," kata Yanus, Senin 27 Februari 2017.

Yanus akan mengupayakan agar kegiatan rutin tak terganggu selama Raja Salman dan rombongan berlibur ke Pulau Dewata. Nantinya, pada saat kedatangan Raja Salman, Yanus akan mengatur waktu dengan sebaik mungkin. "Nanti kami atur waktunya Raja Arab menggunakan slot di jam berapa," tutur dia.

Media Asing Soroti Macet Parah di Bali, Jalanan Sempit Hingga Parkir Buruk

Meski berupaya agar penerbangan reguler tak terganggu, Yanus tak menampik jika akan terjadi sedikit perubahan dan penundaan sejumlah penerbangan. Ia yakin masyarakat memakluminya lantaran negara memiliki hajat besar menyambut Raja Salman.

"Kalau terganggu saya yakin masyarakat sudah paham bahwa kita punya hajatan besar, karena Raja Arab memilih Bali untuk tempat beristirahat," katanya.

Kapolri Ungkap Langkah Atasi Macet Horor agar Tak Terulang di Bali

Komunikasi dengan maskapai penerbangan sudah dilakukan. Prinsipnya, mereka memahami kondisi yang terjadi selama Raja Salman berlibur di Bali. Nantinya, sejumlah pesawat milik maskapai pun tak bisa parkir di Bandara Ngurah Rai. Sebagai alternatifnya telah dibicarakan dan akan dialihkan ke bandara terdekat.

"Sriwijaya Airlines sudah siap. Maskapai lain saya kira juga begitu. Nanti parkirnya akan dialihkan ke Surabaya, Ujung Pandang (Makassar), Lombok, dan bandara terdekat lainnya. Untuk jamnya masih dinamis, nanti akan menyesuaikan," kata Yanus.

Saat ini, Yanus menjelaskan, ada 25 pergerakan pesawat tiap jam mulai take off dan landing di Bandara Ngurah Rai. "Di antara itu nanti AirNav yang mengaturnya. Nanti slotnya akan diatur kembali oleh AirNav,” kata dia. (art) 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya