Cara DPR Amankan Raja Salman

DPR berbenah jelang kedatangan Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA.co.id – Dewan Perwakilan Rakyat sibuk berbenah menyambut kedatangan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud. Salah satu yang dipersiapkan adalah sektor keamanan.

Pamer Foto Diundang Raja Arab, Anies Dinilai Ingin Dapatkan Efek Elektoral

Untuk memastikan acara berlangsung aman, DPR mengerahkan Pengamanan Dalam (Pamdal) sebanyak 450 personel. Bantuan dari Polda Metro Jaya dan unsur lain sebanyak kurang lebih 500 orang. Pengamanan juga dibantu unsur Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) sebanyak 150 orang.

"Karena kan ini tamu negara yang selevel dengan presiden. Diberlakukan protap kami di bawah kendali Paspampres," kata Komandan Pasukan Pamdal DPR, AKBP Herry Ardyanto, ketika dikonfirmasi, Senin, 27 Februari 2017.

Pengamat Nilai Anies Manfaatkan Momen Jamuan Raja Salman untuk Pilpres

Pengamanan DPR terbagi menjadi 3 ring. Ring pertama di Gedung Nusantara, yang menjadi tempat inti acara. Ring kedua, halaman di sekitar parlemen. Sementara ring ketiga adalah bagian luar DPR.

"Di ring 1 paling (jumlah Pamdal) 50-an, sisanya di ring 2," ujar Herry.

Sama-sama Dijamu Raja Arab, Berikut Perbedaan Respons Anies dan Ganjar di Media Sosial

Herry mengungkapkan, di hari H nanti tamu-tamu biasa diarahkan masuk melalui pintu belakang DPR. Sementara untuk undangan utama akan diarahkan masuk lewat pintu depan. Satu hari sebelum hari H akan dilakukan sterilisasi gedung utama acara.

"Nanti tanggal 2 pagi sudah steril. Alat-alat sudah terpasang," kata Herry.

Seperti diketahui, Raja Salman dan rombongan akan berkunjung ke Indonesia. Salah satu tempat kunjungannya yaitu ke DPR pada Kamis, 2 Maret 2017. Dia akan berpidato di ruang sidang utama di Gedung Nusantara.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya