Kunjungan Raja Arab Jangan Diukur soal Investasi Saja

Raja Arab Saudi, Salman bin Abdul Aziz al-Saud, saat bertemu para ulama dan cendekiawan Islam Indonesia di Istana Negara, 2 Maret 2017.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rosa Panggabean

VIVA.co.id – Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta kunjungan Raja Salman bin Abdulaziz Al-Saud ke Indonesia, tidak selalu dikait-kaitkan dengan investasi saja. Hal ini diungkapkan JK guna menanggapi kritikan yang menganggap kunjungan Raja Salman tak memberi banyak nilai investasi untuk Indonesia.

Raja Salman Gelontorkan Rp12,5 Triliun untuk THR Fakir Miskin hingga Pengangguran di Saudi

"Kunjungan ini tidak hanya diukur dengan investasi. Kunjungan ini mempunyai makna persahabatan, mempunyai makna sosial, dan keagamaan," kata Jusuf Kalla, di VVIP Bandara Halim Perdana Kusuma Jakarta, Sabtu, 4 Maret 2017.

Walau investasi tetap menjadi tujuan yang diinginkan, menurut Kalla, tidak langsung dilakukan dalam kunjungan kali ini. Menurut JK akan ada tindak lanjut melalui kementerian-kementerian terkait yang akan melaksanakan lebih teknis.

Wow, Raja Salman Sumbang 20 Ton Kurma dan 50 Alquran untuk Umat Muslim di Indonesia

Hal yang ingin dicapai pemerintah Indonesia, juga dengan mengubah perspektif masyarakat Arab Saudi tentang Indonesia. Yang selama ini menganggap Indonesia adalah negara miskin.

"Setelah rakyat Saudi melihat, ternyata Indonesia tidak seperti dibayangkan. Jangan lupa, umumnya orang Saudi itu membayangkan kita itu negara terbelakang, karena yang ke sana hanya TKI. Jadi dipikir seperti negeri TKI lah kita ini," ujar Kalla.

Raja Salman Salurkan Bantuan Pangan Ramadhan di Indonesia

Padahal sebenarnya, Indonesia seperti Jakarta, tidak kalah dengan Singapura maupun Kuala Lumpur. Meski diakuinya, ada kawasan-kawasan kumuh. Tapi untuk perkembangan negara, juga tidak kalah dengan yang di Arab Saudi.

"Gedung-gedung tinggi itu lebih banyak di sini dari pada Riyadh atau Jeddah. Jadi kita ingin mengubah dulu persepsi, image-nya bahwa Indonesia ini negara yang maju, sehingga jangan ukur semua berapa-berapa (investasi), jangan. Karena itu jangka panjang," tuturnya. (ase)

VIVA Militer: Raja Salman bin Abdulaziz.

Raja Salman Ucapkan Selamat ke Prabowo jadi Presiden Terpilih: Semoga Sukses

Raja Salman Arab Saudi,Salman bin Abdulaziz Al-Saud, memberikan ucapan selamat untuk presiden terpilih Prabowo Subianto atas kemenangannya dalam Pemilu presiden Indonesia

img_title
VIVA.co.id
21 Maret 2024