Bayi Naga Purba Menetas di Cisarua

Bayi Komodo di Kebun Binatang Surabaya (KBS)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Zabur Karuru

VIVA.co.id – Sebanyak 11 ekor bayi Komodo (Varanus komodoensis) berhasil menetas di Taman Safari Indonesia di Cisarua Bogor Jawa Barat.

Pesawat AirAsia Tegelincir di Bandara Komodo, Begini Penjelasan Manajemen

Kelahiran bayi naga purba ini memberi kabar baik akan keberadaan hewan yang telah masuk daftar merah International Union for Conservation of Nature (IUCN) tersebut.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar mengatakan, total populasi satwa endemik Flores Indonesia ini kini hanya berjumlah 3.013 ekor dan hidup di alam bebas.

Tampilkan Kotak Suara, Google Doodle Rayakan Pemilu 2024

Dari jumlah itu, populasi Komodo betina jauh lebih sedikit dibanding dengan Komodo jantan, rasionya 1:3. Sehingga sangat mengkhawatirkan bagi keberlangsungan hidup hewan purba tersebut.

Aminah Cendrakasih Jadi Google Doodle, Ini Sosoknya

Di Indonesia, hewan ini dilindungi oleh Undang-undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya serta Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1999 tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa.

Google Doodle TN Komodo
Hari ini, Senin, 6 Maret 2017, layanan mesin pencari Google juga merayakan 37 tahun berdirinya Taman Nasional Komodo yang ada di Nusa Tenggara Barat, Flores Indonesia lewat google doodle.

Taman Nasional Komodo terdiri atas tiga pulau besar, yakni Pulau Komodo, Rinca dan Padar. Kawasan ini memiliki luas hingga 1.817 kilometer persegi.

Doodle Google peringati Hari Taman Nasional Komodo

Kawasan ini sudah didirikan sejak tahun 1980 untuk melindungi habitat Komodo. Di tahun 1991, wilayah ini pun ditetapkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO dan kemudian menjadi Tujuh Keajaiban Dunia pada tahun 2011. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya