Mendagri Inspeksi Mendadak Kantor Ridwan Kamil

Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil (kiri).
Sumber :
  • VIVA.co.id/Adi Suparman

VIVA.co.id - Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, menginspeksi mendadak (sidak) kantor Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, pada Senin siang, 6 Maret 2017. Menteri langsung masuk ke ruangan Command Center didampingi Ridwan Kamil.

PM Kishida Sampaikan ke Prabowo Jepang Akan Berkontribusi di Infrastruktur dan Energi di Indonesia

Setelah sidak, Menteri mengakui banyak inovasi baik yang dibuat Pemerintah Kota Bandung dan layak diterapkan di daerah-daerah lain.

"Kami diam-diam berkunjung di kantornya Pak Wali Kota, dengan smart city-nya (konsep kota cerdas dengan pemanfaatan teknologi), banyak inovasinya. Saya kira menjadikan Kota Bandung ini kota percontohan," katanya.

KIP Perintahkan KPU Beberkan Data Rincian Infrastruktur Teknologi Pemilu 2024

Menurutnya, program infrastruktur ekonomi dan sosial serta memudahkan masyarakat dalam segala pelayanan yang diterapkan Bandung patut dicontoh daerah lain. Dia mengamati langsung pengoperasian penataan kota, pengelolaan infrastruktur ekonomi dan sosial, permasalahan kemiskinan, dan kemudahan pelayanan kepada masyarakat.

Selain program, ratusan aplikasi smart city Pemerintah Kota Bandung akan disosialisasikan ke daerah lain. Bahkan, Kementerian Dalam Negeri mengupayakan daerah lain untuk menjadi percontohan.

7 Proyek Waskita di IKN Siap Rampung Semester I-2024, Termasuk Tol dan Gedung Sekretariat Presiden

"Punya empat ratusan desain untuk aplikasinya. Kita akan sampaikan ke semua daerah untuk bisa mencontoh seperti Bandung, Surabaya, Banyuwangi, Denpasar," katanya.

Langkah proyek percontohan itu diharapkan bisa meningkatkan kualitas pembangunan daerah yang masih tertinggal. "Ini bisa dikembangkan. Saya kira bisa menumbuhkan pertumbuhan daerah dengan baik," kata Tjahjo.

Kepadatan arus lalu lintas kendaraan di daerah wisata Lembang, Bandung Barat

Kawasan Lembang Padat Merayap, Antrean Kendaraan Mengekor hingga Kota Bandung

Kawasan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, dipadati wisatawan pada Sabtu, 13 April 2024, atau H+3 Lebaran 2024.

img_title
VIVA.co.id
13 April 2024