Ribuan Perawat Tetap Honorer Meski Bertahun-tahun Mengabdi

Aksi demo ribuan perawat di Gedung DPR Jakarta.
Sumber :
  • Foe Peace - VIVA.co.id

VIVA.co.id – Ribuan perawat dari berbagai daerah di Indonesia menggelar unjuk rasa di depan Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis 16 Maret 2017.

Ratusan Ribu Ribu PNS Sudah Ikuti Uji Kompetensi dari BKN untuk Siap Pindah ke IKN

Berdasarkan pantauan VIVA.co.id, ribuan perawat yang tergabung dalam Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) ini, berunjuk rasa dengan mengenakan pakaian serba putih.

Ribuan perawat ini terpaksa turun ke jalan dan meninggalkan daerah mereka hanya demi memperjuangkan hak status mereka. Mereka ingin pemerintah segera mengangkat status mereka dari pegawai honorer menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Menpan-RB Janji Angkat 2,3 Juta Tenaga Honorer: Tes Hanya Formalitas

"Kita kan pengabdian sudah lama, bertahun-tahun," kata Fakhurrozi, salah satu perawat yang ikut aksi unjuk rasa di depan Gedung DPR Jakarta Pusat.

Selain meminta agar para perawat honorer diangkat menjadi PNS, ada juga empat tuntutan lain yang mereka sampaikan.

Sah! Periode Kenaikan Pangkat PNS Kini 2 Bulan Sekali

Empat tuntutan lainnya yaitu, setop diskriminasi terhadap perawat, berikan upah yang laik bagi perawat, hapus sistem kerja TKS (Tenaga Kerja Sukarela) dari instansi pemerintah, serta revisi Undang-undang ASN (Aparatur Sipil Negera) agar memihak pada perawat honorer.

"Kita semua sudah laik diangkat menjadi PNS. Sudah bertahun-tahun jadi honorer," ucap pria yang bekerja sebagai perawat di Rumah Sakit Umum Daerah Cepu, Blora, Jawa Tengah, selama 4 tahun itu.

Para perawat itu berharap tuntutan mereka bisa segera didengar dan diperjuangkan anggota DPR, sebagai wakil rakyat. "Perwakilan tiap provinsi masuk, nanti hasilnya kita tunggu," ujar Fakhurrozi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya