Harimau yang Masuk Pemukiman Baru Belajar Berburu

Penampakan Harimau Jawa yang menghebohkan jejaring sosial
Sumber :
  • Facebook

VIVA.co.id - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) telah menyelidiki laporan warga tentang serangan harimau yang memangsa belasan hewan ternak di Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, sejak sebulan terakhir.

20 Polisi Ikut Perburuan Harimau Sumatera yang Terkam Warga Lampung Barat

Petugas BKSDA menganalisis dan mengamati jejak hewan buas yang telah meneror warga setempat itu. "Diperkirakan harimau tersebut berusia tiga tahun," kata Syahrial Tanjung, Kepala Kantor BKSDA Resor Kabupaten Agam, saat dihubungi melalui telepon selulernya pada Kamis, 23 Maret 2017.

BKSDA sudah mengerahkan sejumlah petugas ke lokasi. Bahkan satu unit perangkap dengan umpan seekor Kambing sudah dipasang di Jorong Kampung Tangah, Palembayan. Petugas berpatroli hingga ke pedalaman hutan sampai malam.

Sniper hingga Pawang Dikerahkan untuk Buru Harimau yang Tewaskan 2 Warga di Lampung

Syahrial mengimbau warga waspada terhadap gangguan harimau itu. Apalagi usia harimau itu baru tiga tahun. Itu artinya merupakan fase pemisahan dari induk harimau dan memasuki siklus belajar berburu.

Syahrial memperkirakan, selain memang telah masuk pada siklus berburu dan pisah dari induk, hewan ternak yang ditambat di sekitar pinggiran hutan juga menjadi salah satu sebab harimau itu masuk ke permukiman. Dia menyarankan warga tak menambat hewan ternak di pinggiran hutan.

Harimau Teror dan Serang Manusia, Kantor TNBBS di Lampung Barat Dibakar Warga

Serangan harimau dilaporkan terjadi sejak sebulan terakhir. Sedikitnya 13 hewan ternak telah dimangsa harimau Sumatera itu, antara lain, 12 kerbau dan seekor kambing.

Wilayah cakupan itu meliputi wilayah di Kecamatan Palembayan, seperti Jorong Marambuang Nagari Baringin, Jorong Palembayan Tangah Nagari Ampek Koto, Jorong Sipinang Nagari Sipinang, dan Tantaman Kenagarian Tigo Koto Silungkang.

Petugas saat menangkap harimau bernama Beru Situtung.(istimewa/VIVA)

Diduga Terkam 2 Warga di Langkat, Harimau yang Baru Dilepasliarkan Ditangkap Lagi

Dua orang petani diterkam harimau hingga luka-luka.

img_title
VIVA.co.id
18 Maret 2024